Minggu, 10 Juli 2016

Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?

Quote: Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?

Ga nyangka bakalan HT
Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?
Makasih buat kaskuser, mimin, momod, semuanya siapapun itu. Ane terharu

Halo gan, sist penghuni Kaskus semuanya. Selamat datang di thread perdana ane sebelumnya ane minta maaf kalo repost disini ane mau ngebahas tentang sosial media. Ya, sosial media, pasti kita semua sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini.
Di zaman seperti sekarang ini siapa yang tidak punya akun sosial media ? Hampir semua dari kita pasti punya yang namanya akun entah itu Faceboook, Twitter, Instagram, Path, dan yang lainnya. Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?


Quote:Jika dimanfaatkan dengan baik, media sosial (medsos) bisa jadi sangat berguna. Sebagai penopang bisnis, medsos memberikan kemudahan bagi penjual jasa atau barang untuk berkomunikasi langsung dengan target audiens. Dalam konteks yang lebih kasual, media sosial dapat dilihat sebagai jalur komunikasi yang mudah, cepat, dan fun.
Namun jika kamu nggak berhati-hati, medsos juga bisa menghancurkan bisnismu atau merusak hubungan personalmu. Dan memperhatikan fenomena cyber-bullying saat ini, bahkan orang-orang yang nggak saling kenal pun bisa saling melukai lewat medsos.

Pernahkah alasan-alasan di atas membuatmu berpikir untuk rehat sejenak dari media sosial? Jika kamu butuh untuk lebih diyakinkan, Saya bisa memberimu beberapa alasan tambahan diantaranya:



Quote:1. Tanpa Terasa, Waktumu Banyak Terbuang

Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?
Twitter, Path, Facebook dan Instagram merupakan media sosial yang sangat mudah digunakan. Mereka bisa hadir di layar komputermu dan selalu muncul di layar ponselmu. Kepraktisan ini bikin kamu mudah sekali tergoda untuk menghabiskan waktu dengan aplikasi-aplikasi itu.

Mungkin niatmu hanya sekedar berbagi cerita dan mendapatkan informasi. Kamu juga menakar bahwa waktumu yang terbuang untuk tiap sesimu di Facebook hanya 3-5 menit. Tapi kalau dalam sehari kamu punya 8-10 sesi, waktumu yang terbuang sudah hampir 1 jam sendiri. Itu baru Facebook � belum lagi Twitter, Path, dan sahabat-sahabatnya yang lain


Quote:2. Makin Lama, Apa yang Kamu Baca di Medsos Makin Nyebelin

Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?

Inget nggak betapa cintanya kita sama Facebook waktu situs ini pertama kali muncul? Nggak lama berselang, hadir pula Twitter. Tapi namanya juga euforia, kecintaan itu nggak berlangsung selamanya. Sekarang kita lebih sering dibikin sebel daripada senang oleh mereka. Mulai dari iklan, sponsored post, status gak penting, apa yang mereka makan, dan segala drama pacaran � ada banyak hal di ruang publik internet yang sebenarnya nggak pengen kita tahu, tapi lalu terpaksa tahu.


Jika kamu merasa terganggu oleh teman-temanmu, percuma juga mengingatkan mereka.
Adanya hubungan kalian rusak di dunia nyata. Mending cabut aja dari medsos


Quote:3. Belum Lagi, Masalah Privasi

Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?

Sebagai manusia, udah sepatutnya kamu menghargai privasi diri maupun orang lain. Namun ketika memasuki ranah media sosial, pembatas antara materi publik dengan materi pribadi seolah terhapus. Kamu nggak bisa mengontrol privasimu di media sosial.

Lihat aja kasus Florence Sihombing. Aksinya mencak-mencak di Path memang tindakan yang gak terpuji, tapi apakah terpuji jika kita membeberkan alamat kosnya? Menyebarkan omor plat kendaraannya? Mengolok-olok fotonya menjadi meme? Jika merasa privasimu diganggu (atau malah kamu melanggar privasi orang lain), ada baiknya kamu berhenti dulu main di media sosial.


Quote:4.Hubunganmu Yang Nyata Bisa Terbengkalai

Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?

Ini merupakan imbas langsung jika kamu terlena dengan pertemanan semu tadi. Emang benar, media sosial bisa mendekatkan kamu dengan teman nan jauh di sana. Namun, media sosial juga bisa bikin kamu lupa dengan lupa pertemanan yang ada di sekitarmu. Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat.

Udah berapa sering kamu mengabaikan keluarga, yang sebenarnya lagi bareng kamu, karena kamu lagi asik update status? Berapa banyak teman kamu yang gigit jari karena kamu cuma mantengin layar ponsel pas lagi nongkrong? Kamu harusnya bisa selalu lebih menghargai dan meluangkan waktu buat mereka yang beneran hidup dan bernapas di sampingmu.


Quote:5.Drama, Drama, Drama

Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?

Di media sosial, selalu ada kemungkinan pendapatmu disalahartikan oleh pengguna media sosial lain. Kamu pun juga bisa menyalahartikan pendapat pengguna lain. Hal yang seperti ini bisa berujung saling tuding, ejek-mengejek dan bermusuhan. Pokoknya drama, deh, tapi drama yang kekanak-kanakan. Pastikan kamu gak tersedot ke dalam lingkaran drama ini!


Quote:6.Produktivasmu Menurun

Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?

Seperti point pertama tadi, ini bakal terjadi jika kamu curi-curi kesempatan buat ngecek media sosial di tempat kerja. Memang, break bentar bikin otak kamu segar lagi buat kerja, namun jangan juga buang kesempatan istirahat hanya buat check-in �Lagi di kantor nih�� � apalagi kalau 2 jam kemudian kamu berkicau �Suasana kantor lagi gak asik!� atau �Bos pelit!!! KZL.�

Selain gak ada yang peduli, keluhan kamu di tempat kerja juga minin faedahnya.
Produktivitas kamu menurun, karir kamu terancam lenyap.


Quote:7.Kamu Akan Merasa Hampa Ketika Gak Ada Akses Internet

Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?

Kamu merasa mati gaya ketika kuota internet udah mencapai limit, atau ketika tidak ada WiFi disekelilingmu. Jika ini yang kamu rasakan berarti penggunaaan media sosialmu udah mencapai level kecanduan (Kalau bisa jangan sampai seperti ini ). Ketagihan ini terjadi karena kamu gak tahu apa lagi yang harus diperbuat selain berkicau di Twitter atau scrolling foto-foto di Instagram. Kalau sudah begini sih, memang sebaiknya kamu cabut dulu dari media sosial!


Quote:Akhir Kata

Seperti yang diungkapkan di awal artikel, gak selamanya media sosial selalu berdampak buruk. Dengan dosis yang tepat dan penggunaan yang cerdas, kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai jendela ilmu.


Masalah datang tatkala kamu menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga di media sosial daripada kehidupan sosial. Masalah datang ketika poin-poin di atas tadi sebenarnya menyentilmu. Kalau memang masalah itu datang, kamu tahu �kan apa yang seharusnya kamu lakukan?


Quote: Makasih semuanya yang udah mau mampir, silahkan memberi komentar, kritik, atau saran supaya kita sama-sama belajar Jika berkenan, boleh di rate. Jika kurang suka dengan apa yang saya buat diatas, boleh komentar. Tapi jangan di bata

Best komeng
Quote:Original Posted By dhaniollie ?
Wah.. kebetulan ane lagi berusaha buat berhenti dari semua sosmed.. niatnya dari setahun lalu, demi buat belajar sbmptn haha tapi ga kewujud, alhamdulillah sekarang udah berangsur2 berhenti.

Dulu ane punya segala macem. Mulai dari Facebook, Twitter, Ask.fm, Path, Instagram, Line, Whatsapp, hayo apalagi yang belum kesebut? wkwkw.
Sekarang nyisa Facebook sama Twitter aja tuh sama Line & Whatsapp (itu juga dipake buat chat dan kalo ada info penting, Facebook cuman ane pake buat mantau event The Sims Freeplay dan Berita MCU & GoT. Twitter ane pake buat mantau band favorite ane, Kodaline & The Paper Kites, sama buat komplen ke Telkomsel kalo lagi kumat.. wkwkw..

Dari isi tritnya...
1.Waktu banyak terbuang
Ya ini bener banget sih, dulu ane buat mantau sosmed aja bisa 8 jam-an, refresh feed- scroll- refresh feed - scroll, gitu2 aja. Coba aja 8 Jam itu ane pake buat belajar SBMPTN

2.Makin lama yang dibaca makin nyebelin
WKWKWKWK emang!!! Ane juga berhenti salah satunya gara-gara itu, bosen isi Path ngeliat orang nonton film apa, dengerin lagu apa, padahal ga penting buat ane.. wkwkw.. ane apus aja dah tuh akhirnya

3. Masalah Privasi
Gatau, gapernah ngalamin

4.Hubungan nyata bisa terbengkalai
Ga juga sih.. ane main sosmed tp masih sering ketemu langsung ama temen ane.. wkwkw

5.Drama, drama, drama.
Gausah ditanya lagi ini mah

6.Produktivitas menurun
Iya banget ini!!! ini sih yang paling parah menurut ane, gila.. harusnya waktu yang ane pake buat mantengin feed sosmed bisa ane alokasikan buat jadi waktu belajar buat sbmptn.. sekarang nyesel sendiri ditolak sbmptn karena main hp terus

7.Ngerasa hampa gaada internet
Wah, dulu kalo wifi ane belum bayar trs di putus dan kuota internet ane abis, ane bisa khawatir, khawatir ketinggalan info. khawatir ga mantengin feed, pokoknya khawatir, hidup gatenang, bisa gila

Intinya, menurut ane main sosmed banyakan ruginya dah daripada untungnya..
Mendingan mulai dari sekarang dikurangin aja main sosmed nya..
Sekarang semua akun sosmed ane, ane apus.. Sekarang hidup ane lebih bahagia, wkwkwkw. Jarang megang hp juga, kebanyakan belajar kalo sekarang mah


Quote:Original Posted By oswald ?
yang ane belum berhenti itu Youtube, dan kaskus, itu juga karena ada konten science, finance, dan berita...yang ane dapet lebih banyak di Youtube (di kaskus kebanyakan anak SMA atau kuliah)
selebihnya ane lebih banyak baca berita di detik atau google tentang suatu jenis informasi spesifik semacam ilmu pengetahuan atau survey harga barang di internet, supaya gak ketipu waktu beli di mall atau pasar


Quote:Original Posted By michaelgiri93 ?
Ane ama sosmed juga gak tergantung2 banget
Kalau lagi santai aja sesekali cek
Paling yg penting chattingan buat perencanaan main bersama teman2
Hahahaha
Kalo menurut ane kita tetep butuh sosmed
Tapi jangan kecanduan dan mantengin terus
Inget, segala sesuatu yang terlalu itu tidak baik


Makasih semua yg udah komen maaf kalo kurang rapih dan juga gabisa semua komen ane pajang juga ane bales, ane edit dari hp. Jadi secukupnya aja




ga maenan
Pernah
Dah jarang maen gituan bree
Seringnya ngaskus
pernah pas putus , tpi susah
Quote:Original Posted By nagie ?
ga maenan


kalo kaskus gan?




ada sih, tp ga bs entah kenapa
pernah, karena bosen, dah gitu main lagi
ane jarang mikir gan. ga kesampean mikir begituan
Udah berhenti main sosmed sejak lama gan
Gw malah ga maen sosmed coy.
Terakhir maen FB tahun 2010.
Sekarang cuma maen forum.

Quote:Original Posted By reagannnn ?


kalo kaskus gan?




ada sih, tp ga bs entah kenapa


terkecuali kakcus
Ane Tanpa Kaskus Sehari Dunia Terasa Hampa
"Semenjak Ada Kaskus Dunia Terasa Indah Nya Semenjak Ada Kaskus Disini Ku Mampu Melupakan Nya "
Spoiler for Goyang Dulu Bre Daripada Pusing :
Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?
Ada sih,
Tapi di jaman yang serba online gini sepertinya sangat susah
Waktu kita emang banyak terbuang di medsos
Tapi tergantung cara pemakaian masing2 sih kalau menurut ane.
Ane justru terjerat sama WA,BBM,Line.
Mending jaman jadul dulu, lebih tenang. Sosialisasi lebih enak
cuman line sama kaskus aja
Ane gk maen sosmed
Kecuali Line, itu jg karena tuntutan komunikasi
Kalo berita di media gak informatif, biasanya ane skip2 aja
berhentilah sebelum kecanduan.
Iya betol coy. Tapi tanpa disadari buka KasKus = buka media. Dan dirimu melakukannya juga .

Makasih masukannya, apalagi soal yang waktu terbuang itu benar kali .
Quote:Original Posted By daniyalkhan ?
Ane Tanpa Kaskus Sehari Dunia Terasa Hampa
"Semenjak Ada Kaskus Dunia Terasa Indah Nya Semenjak Ada Kaskus Disini Ku Mampu Melupakan Nya "
Spoiler for Goyang Dulu Bre Daripada Pusing :
Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ?


bangke gw liat komen lo kok pusing
Via: Kaskus.co.id

Pernahkah Terpikir Untuk Berhenti Sejenak Dari Sosial Media ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar