Minggu, 19 Juni 2016

Potret Pusat Rehabilitasi Primata Kukang


Selamat pagi, siang dan malam para kaskuser semua ane mau berbagi info nih tentang primata kukang. Sebelumnya maaf klo atau jangan di ya bantu aja yuk langsung cekidot.

Quote:Memiliki penampilan yang lucu dan menggemaskan membuat kukang menjadi incaran banyak masyarakat umum untuk dijadikan hewan peliharaan. Karenanya, semua jenis kukang ini telah terancam oleh kepunahan. Kukang telah dilindungi oleh hukum Indonesia, sehingga memperdagangkannya tergolong melanggar hukum (ilegal) dan kriminal.

Berdiri sejak bulan Februari 2008, Yayasan IAR Indonesia (YIARI) bergerak di bidang pelestarian satwa liar di Indonesia berfokus pada upaya 3R: Rescue, Rehabilitation dan Release. YIARI menjalankan dua pusat rehabilitasi satwa liar di Ciapus, Bogor, Jawa Barat dan di Ketapang, Kalimantan Barat.

Salah satu program yang dimiliki oleh YIARI yaitu Kukang Rescue yang bertujuan mengembalikan kukang ke alam liar sebanyak mungkin. Namun, banyak dari mereka yang giginya telah dipotong sehingga tidak lagi mampu untuk melindungi dirinya sendiri. Untuk menangani hal tersebut dokter spesialis gigi hewan membantu YIARI dalam menentukan apakah gigi kukang tersebut dapat diperbaiki atau diganti.

Disamping itu YIARI juga menyediakan kandang permanen di pusat rehabilitasi untuk Kukang yang tidak bisa dilepasliarkan. Bekerja sama dengan universitas dan ilmuwan YIARI melakukan penelitian, rehabilitasi, pelepasliaran kukang ke habitat alaminya. Sejumlah kukang hasil rehabilitasi International Animal Rescue dengan gigi utuh telah dilepasliar ke rumah asalnya di alam. Mereka dipasangi alat monitor radio-collar agar tim bisa terus memantau keberadaan kukang di alam liar.

YIARI juga bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak penegak hukum untuk menangkap pelaku perdagangan satwa liar dan membawanya ke pengadilan. Pendidikan masyarakat lokal dan penegakan hukum yang lebih baik sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup primata yang terancam punah ini.


Dokter memeriksa kesehatan kukang di Pusat Rehabilitasi YIARI


Perawatan bulu kukang


Tim dokter menyisir bulu kukang


Pemeriksaan kesehatan kukang


Sebanyak 147 kukang Sumatera dan Jawa menjalani rehabilitasi untuk kemudian dilepasliarkan ke habitatnya.


Pemeriksaan kesehatan kukang


Seekor kukang diperiksa kesehatanya


Kukang yang direhabilitasi ini berasal dari sitaan pemerintah.


Dokter melihat hasil rontgen kukang.


Petugas melintas di depan kandang kukang yang didalamnya ditumbuhi berbagai jenis pohon.

Itu dia gan sis sekilas potret pusat rehabilitasi kukang. Klo ada kesalahan maafin TS ya & klo ada yang kurang mohon dikoreksi, makasih yang udah mampir kemari. Yu kita sama-sama jaga kelestarian satwa yang ada di Indonesia.


Sumber : kaskus.co.id

Potret Pusat Rehabilitasi Primata Kukang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar