Sabtu, 09 Juli 2016

10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia

Spoiler for HT ke-9:
10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia


Quote:Sewaktu kita mencari suatu hal menggunakan mesin pencari Google, misalnya tentang akasia, jenis bunga yang bisa kita makan, tautan ke Wikipedia pasti muncul di halaman pertama. Tidak bisa dipungkiri, ensiklopedia yang digagas oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger tersebut sudah jadi situs informasi andalan di era digital seperti sekarang. Versi Indonesia ensiklopedia terbuka ini muncul tahun 2003 dan jumlah artikelnya terus bertambah sampai sekarang.

Meski sudah eksis lebih dari satu dekade, masih banyak orang yang keliru mengenai Wikipedia. Kesalahpahaman itu seperti:


Quote:1. Menulis artikel di Wikipedia dapat bayaran

Quote:10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia
Para sukarelawan di acara Wiki Berjamaah 2013 via wikimedia.org. Foto milik Albertus Aditya lisensi CC BY

Pembuatan artikel di Wikipedia sifatnya sukarela. Siapapun yang menulis, menyunting, ataupun menambahkan gambar artikel yang ada di Wikipedia tidak dapat bayaran. Kalau kata Anies Baswedan yang sekarang menjadi Menteri Pendidikan, relawan tidak dibayar bukan karena tidak berharga, tapi justru karena tidak ternilai harganya.


Quote:2. Hanya para pakar yang boleh menulis dan menyunting artikel di Wikipedia

Quote:10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia
Tidak harus jadi pakar seperti Bapak ini kalau mau buat artikel di Wikipedia via whatculture.com

Wikipedia tidak menuntut kepakaran tertentu dari para penyuntingnya. Akan sangat membantu kalau kita punya pengetahuan mendalam tentang suatu bidang. Mungkin di bidang medis, teknik, sastra, atau yang lainnya.

Tapi kalaupun kita tidak terlalu mendalami suatu bidang, bukan berarti jadi tabu untuk menulis artikel Wikipedia di luar latar belakang pendidikan atau profesi kita. Mengingat sistem di Wikipedia adalah kerja kolaborasi, percayalah akan ada orang yang membetulkan atau melengkapi jika artikel yang kita buat keliru atau kurang lengkap.


Quote:3. Siapa saja boleh nampang di Wikipedia

Quote:10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia
Apakah karena akun Twitternya punya banyak pengikut membuatnya layak punya artikel Wikipedia tersendiri? via twitter.com

Ketua RT di lingkunganmu belum tentu layak untuk punya artikel Wikipedianya sendiri. Kecuali kalau beliau adalah ilmuwan yang karya-karyanya sudah diliput oleh berbagai media.

Syarat seseorang boleh dibuatkan artikel Wikipedianya adalah orang tersebut karyanya sudah pernah dipublikasikan oleh media terpercaya. Lebih banyak sumber referensinya lebih baik. Pastikan juga sumber tersebut bukan teks narsistik yang berasal dari pihak yang punya afiliasi dengan sosok yang hendak kita buat artikel Wikipedianya. Teks narsistik itu semacam iklan, brosur kampanye, otobiografi, dan semacamnya.


Quote:4. Menganaktirikan bahasa daerah

Quote:10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia
Tangkapan layar beranda Wikipedia Minangkabau

Wikipedia tidak hanya ada dalam bahasa asing atau Indonesia saja. Indonesia punya banyak suku bangsa dan bahasa. Di antara 250 juta penduduk Indonesia, pasti masih banyak yang berbahasa ibu bahasa daerah.

Kalau kamu lebih nyaman, piawai, atau punya misi melestarikan bahasa daerah, coba deh perbanyak artikel-artikel yang ada di Wikipedia bahasa daerah. Saat ini sudah ada Wikipedia versi bahasa Aceh, Banjar, Banyumasan, Jawa, Bugis, Sunda, Tetun, Melayu, dan Minangkabau.


Quote:5. Selalu aktual seperti koran

Quote:Kita tidak bisa menuntut bahwa seluruh isinya akan selalu aktual dengan kejadian yang sekarang. Pasti ada kalanya suatu fakta terlewatkan untuk diperbaharui. Kalau melihat yang seperti itu, mending langsung kamu sunting saja. Inisiatif seperti itu sangat dihargai lho.

Quote:6. Cuma ditulis oleh segelintir orang

Quote:10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia
Pengurus Wikipedia Indonesia via wikimedia.org. Foto milik Meursault2004 lisensi CC BY-SA

Banyak anggapan artikel-artikel di Wikipedia hanya ditulis oleh para pengurusnya saja. Anggapan tersebut keliru. Sebagai ensiklopedia terbuka, Wikipedia justru mengharapkan kontribusi banyak orang.

Pengurus di Wikipedia adalah orang-orang yang punya tugas mirip-mirip dengan moderator di forum online. Pengurus diberikan fitur tambahan untuk menghapus artikel, melindungi suatu halaman artikel, atau melakukan pemblokiran terhadap pengguna tertentu. Biasanya yang menjadi pengurus adalah orang yang sudah dipercaya dan dikenal dalam komunitas Wikipedia.


Quote:7. Sah-sah saja memasukkan laporan dan opini pribadi

Quote:10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia
Tangkapan layar arsip tulisan ngawur di Wikipedia Indonesia

Wikipedia adalah ensiklopedia, bukannya blog. Artikel yang dibuat harus memakai sudut pandang yang netral. Bagian dalam artikel yang menambahkan laporan atau opini pribadi seperti �penulis pernah melihat artis X ini jalan berduaan dengan istri orang lain� tidak diperkenankan untuk masuk dalam artikel. Bagian tersebut lebih mirip gosip. Lagipula pemakaian kata ganti orang pertama seperti aku, saya, atau penulis tidak sesuai dengan kaidah penulisan.


Quote:8. Sumber tulisan dan gambar Wikipedia tinggal ambil dari internet

Quote:Wikipedia adalah ensiklopedia terbuka yang bisa diakes via online. Meski begitu untuk keperluan penambahan artikel kita tidak bisa begitu saja memasukkan sembarang materi yang bertebaran di internet. Materi seperti foto, musik, atau naskah yang kita masukkan sebagai referensi harus bebas dari hak cipta. Kalaupun terpaksa memasukkan materi yang mengandung hak cipta, kita harus memasukkan sesuai dengan prinsip fair use.

Quote:9. Karena bisa diganti siapapun, informasi yang ada kebanyakan ngawur

Quote:Artikel di Wikipedia dapat disunting siapa saja. Karena itu tidak menutup kemungkinan ada tangan-tangan iseng yang merusak, mengubah, atau menambahkan isi sesuka hati. Meski begitu bukan berarti kita tidak bisa menemukan informasi yang berharga dan akurat di sini. Bias, kekeliruan, dan informasi tidak sesuai konteks niscaya sedapat mungkin terkikis lewat kerja kolaborasi banyak orang.

Quote:10. Untuk berkontribusi harus membuat satu artikel utuh dan lengkap

Quote:Wikipedia memang punya penilaian tentang artikel yang sempurna. Artikel tersebut harus cukup panjang, ditulis dengan baik, netral, punya banyak sumber referensi, dan punya banyak tautan ke artikel lain. Meski begitu, kita tidak dituntut harus membuat artikel yang sempurna.

Menulis artikel di Wikipedia adalah kerja gotong royong. Satu orang merintis dengan panjang artikel yang cukup, yang lain menambahkan foto, yang lain lagi menyunting artikel jadi lebih rapi dan bercabang ke artikel lain.


Quote:Dengan tujuan mulia membebaskan pengetahuan kepada khalayak luas, sudah sepatutnya kita mendukung misi Wikipedia ini. Kalau kamu tertarik untuk mulai membuat artikel, silakan langsung buat akunnya di sini

Quote:source
PERTEMEX
ane om gugel aja
Media Copas Ane nih
ane punya link di wikipedia.....


coba cari sendiri
ane sering nyomot dari sini nih buat bahan ref
nice inpoh gan, lumayan nambah wawasan ane
ane sering tuh ngedit artikel wiki, hasilnya kena banned ip
hmm ane kira nulis di wikipedia dapet duit gan
Ane Biasa Nya Gak Nyari Di Wikipedia Bre Nyari Nya Di Mamah Google
Spoiler for Goyang Dulu Bre Daripada Pusing :
10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia
Quote:Original Posted By heavenisnomore ?
ane sering tuh ngedit artikel wiki, hasilnya kena banned ip


ajarin editnya dunk , ane ga tau mau edit gmn
Agak meragukan di wikipedia info2 tertentu aja ane pake wikipedia btw
Quote:Original Posted By reagannnn ?


ajarin editnya dunk , ane ga tau mau edit gmn


bukannya tinggal tekan tombol tab sunting ya gan
Sudah berapa lama ini gak ikut berkontribusi untuk artikel wiki.
hmmm gitu yah
wikipedia = jawaban pr - pr
Salah paham apaan?
Trit lu aja masih pake misused meme
Sok2an ngebahas wiki
Salah paham dari hongkong!
ane taunya wikileaks


10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia
10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia
baru tau ane
tapi gue percaya bgt sama wikipedia sih wkwk
Via: Kaskus.co.id

10 Kesalahpahaman Umum Mengenai Wikipedia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar