Sabtu, 09 Juli 2016

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatuh


PENDAHULUAN

Quote:Halo gansis, selamat pagi, good morning, ketemu lagi ama ane nih...
Di trit ini ane mau bahas kota ane gan , "Solo The Spirit of Java", kata mantan walikota Solo, pak Jokowi, yg saat ini mjd Presiden RI...


PEMBAHASAN

Quote:Oke, langsung aja ke inti permasalahan ya gansis, kali ini ane mau bahas, yaaah...ga jauh2 dari peristiwa banjir di kota Solo tempo hari. Klu kemarin ane sempet bikin trit yg mengabarkan ttg sikon Solo ktka banjir, kali ini ane mau bahas ttg penyebab banjir di kota Solo masih bisa dikendalikan.

Quote:Sebelumnya ane ajak gansis utk flashback dulu ke tahun 1966 dimana kala itu Solo dihantam banjir besar yg benar2 melumpuhkan hampir seluruh kota Solo, terutama di pusat kota Solo. Pasar Gedhe yg aktivitasnya bener2 mati gara2 air menggenang setinggi tugu jam Pasar Gede yg ane yakin semua warga Solo pasti sudah tau tugu jam tersebut. Ini ane nemu di 1 situs foto2 saat kota Solo diterjang banjir besar di tahun 1966.

Spoiler for Pasar Gedhe:

Ini foto saat air sudah surut, sebelumnya, air menggenang setinggi tugu jam di Pasar Gedhe ini.
Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta


Spoiler for Kondisi Gladak dan Alun2 Utara:

Ini foto Gladak dan jalan menuju Alun2 utara Solo yg masih tergenang air.
Terlihat ada bbrp orang yg membawa ban dalam mobil yg digunakan sbg pelampung utk berenang, ya beginilah gan kndisi nya klu banjir, ga jauh2 dengan kndis saat ini, bnyk warga yg memanfaatkan "even" banjir ini sebagai kolam renang gratis.


Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta


Spoiler for Foto2 lain:

Dan ini beberapa foto lain di berbagai tempat di kota Solo yg jujur aje ane ga bgtu faham juga foto tersebut diambil dimana aja, krn ga ada keterangan.
Balaikota Solo
Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Lain2
Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta



Penyebab dari banjir yg bisa dikatakan melumpuhkan total kota Solo ini, menurut penuturan babe ane yg kala itu masih berumur 15 tahun, diakibatkan hujan deras di wilayah Wonogiri selama berhari2 gan. Yaaaah tahun itu masih belum ada waduk Gajah Mungkur kya sekarang gansis, air hujan yg turun saat itu langsung menuju aliran sungai Bengawan Solo, yg akibatnya wilayah2 sepanjang sungai Bengawan pun terkena dampaknya, termasuk Solo. Dampak dari banjir besar ini, pemerintah mulai proyek pembangunan Waduk Serbaguna Gajah Mungkur di Wonogiri gansis. Dengan adanya waduk tersebut, potensi banjir tiap tahun di musim hujan utk wilayah2 yg dilalui Bengawan Solo diharapkan bisa diminimalisir.
SUMUR


Quote:
Selain pembangunan waduk, di kota Solo sendiri, mulai dibangun pintu2 air yg bisa mencegah masuknya aliran air dari sungai Bengawan ke dalam kota, salah 1 nya dalaha pintu air Demangan yg ada di kelurahan Sangkrah, timur rumah ane gansis. Dengan adanya pintu air ini, yg bisa dibilang sebagai benteng pertahanan utama kota Solo dari luapan air sungai Bengawan Solo, banjir2 yg berpotensi menggenangi kota Solo seperti tahun 1966 bisa ditekan. Ane sendiri, lahir tahun 1986, ampe saat ini mengalami kondisi banjir yg bisa dibilang besar, hanya 3 kali ane alamin klu ga salah ingat. Pertama sekitar tahun 90an, ane lupa tepatnya, wktu ntu masih SD, air meluap melebihi volume maximal sungai, tp ga sampe masuk rumah ane sie, kebetulan rumah ane lmyan deket ama pintu air, jadi agak tinggian. Klu rumah2 yg di barat rumah ane kira2 jarak 30 meter, udah ada yg kebanjiran tuh sekitar setinggi lutut. Yg kedua, banjir tahun 2007, ane bilang ini banjir terbesar selama ane di kota Solo, air sampe masuk ke rumah ane setinggi lutut. Yg ketiga, banjir tgl 20 Juni 2016 kemarin, hampir sama dengan banjir tahun 90an, ga sampe masuk rumah, tapi cukup melumpuhkan sebagian aktivitas di kota Solo, terutama daerah Joyotakan.
Spoiler for Waduk Serbaguna Gajah Mungkur Wonogiri:
Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta



Quote:Untungnya nih, ada pintu air Demangan gan, jadi banjir2 tersebut yg potensinya bisa menggenangi kota Solo seperti tahin 1966 bisa ditekan. Waktu banjir tahun 2007 dan 20 Juni kemarin, ane liat sendiri permukaan sungai Bengawan yg di sebelah timur pintu air, ketinggian nya 2-3 meter lebih tinggi dibanding dengan ketinggian singai Pepe (sungai kota) di sebelah barat pintu air. Bisa ente bayangkan kan, klu misal pintuair tersebut jebol, dan air dari sungai Bengawan masuk ke kota Solo, bisa terjadi banjir 1966 jilid kedua gansis.
Spoiler for Banjir Solo 20 Juni 2016:

Kali Pepe dari jembatan pintu air Demangan
Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Kali Pepe dari jembatan Koramil Sangkrah (barat pintu air)
Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Anak Sungai Bengawan Solo dari jembatan pintu air Demangan (ketinggian 2-3 meter lebih tinggi dari kali Pepe)
Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta



#LANJUTAN

Quote:Sekarang ane bahas pintu air nye gansis, pintu air ini melintang di atas kali Pepe yang mengalir menuju Bengawan Solo. Fungsinya ganda, karena bagian atasnya menjadi jembatan yang bisa dilalui kendaraan, baik sepeda maupun kendaraan bermotor. Mobil sebenarnya juga muat utk lewat,tapi sekarang mobil dilarang melewati jembatan ini. Pintu air Demangan ini dibangun tahun 1918 atas perintah Pakubuwono X, masih jaman Belanda ntuh gan, udah tuwir banget tuh pintu air sebenarnya. Tujuannya untuk menahan luapan banjir Sungai Bengawan Solo. Yang unik, pintu air Demangan tersebut terbuat dari bahan kayu jati. Sejak pertama kali dibuat, kayunya baru diganti sekali, sekitar tahun 2011 klu ane ga salah.
Spoiler for Pintu Air Demangan Solo:

Saat banjir 20 Juni 2016 kemarin

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Saat direnovasi, tahun 2011 klu ane ga salah inget.

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Kondisi pintu air Demangan pasca dihantam angin ribut tahun 2013, atapnya ilang

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Kondisi pintu air Demangan dan kali Pepe sehari2

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu di pagi hari dari jembatan pintu air Demangan

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta



Kapan pintu air harus dibuka atau ditutup? Semuanya tergantung ketinggian permukaan air Sungai Bengawan Solo. Jika permukaan air Bengawan Solo lebih tinggi dari Sungai Pepe, pintu air harus ditutup gan. Air dari kota dipompa, trus dibuang ke bagian luar/timur pintu air yang mengarah ke Bengawan Solo. Namun ada kalanya pintu air Demangan pun tak bisa mencegah banjir jika air bah terlalu besar.
Pemasangan pompa air di dekat pintu air Demangan ternyata tak terlepas dari tragedi banjir besar pada 1966. Sepuluh tahun setelah peristiwa itu, Ir. Sutami datang menyumbang tiga pompa air. Respons yang rasanya cukup terlambat karena harus menunggu selama 10 tahun. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Seiring berjalannya waktu, tiga pompa sumbangan Ir. Sutami tersebut dengan daya sedot mencapai 1 meter kubik air/detik ternyata tak lagi memadai. Alhasil pada 1999 kembali dibangun tiga pompa baru dan setahun berselang sudah bisa dioperasikan, yang mampu menyedot 3 meter kubik air/detik.
Nah yg agak horor nih, waktu pembangunan 3 pompa air besar yg baru, kan dlu disini ada pohon asem nya gede tuh, krn untuk pembangunan maka pohon asem nya ditebang, ga berapa lama, denger2 orang yg ditugasin nebang pohon asem ini mati gantung diri gan. Tapi ane msh belum tau juga sie bener apa enggaknya yg mati ntu orang yg sama dgn yg nebang pohon, yg jelas emg ada kejadian gantung diri warga di dekat pintu air tersebut.


Spoiler for Foto Pompa Pintu Air Demangan:

Pompa air kecil dari Ir. Sutami
Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta

Pompa air besar yang baru
Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta



SUMUR


Sumur lain : cerita dari babe ane ttg banjir Solo 1966
Sumur lain : foto dari hp ane
Sumur lain : pengalaman ane sendiri



Sekian dulu trit dari ane gansis, semoga bisa menambah wawasan aja buat para Kaskuser sekalian. Jika berkenan kasih buat trit ane ye gan...
Ane juga ga nolak dikasih
Asal jangan dikasih atau
Sekian dan trimakasih


Jangan lupa kunjungi trit ane yg lain...
Quote:
Italy, Dulu dan Sekarang, Akankah Melebihi Cannavaro dkk???
Para Striker 7 Negara Peserta Euro, antara Euro 2000 dan Euro 2016
Solo Siaga Banjir Gan, Awas
Mengapa ane pilih cincau hitam sebagai menu buka puasa?

Dah, itu aja dulu...
Komen dari KasKuser

Quote:Original Posted By nox3e ?
Jangan lupa pelebaran sungai bangawan solo dri wonogiri yang melewati daerah sukoharjo, klaten ujung timur (tempat jatuh nya pesawat garuda dulu di sungai) juga mngurangi dampak banjir ..


Mantap ditunggu lanjutan
dulu pernah langganan banjir yah
Lanjutkan gan
Quote:Original Posted By ziznwar ?
Mantap ditunggu lanjutan

Siap, ntar ye gan abis Jumatan, itu aja dulu...
Quote:Original Posted By kotada ?
dulu pernah langganan banjir yah

Kagak juga sist, klu cuma banjir sungainya yg ga nyampe meluap ke rumah2 warga emg udah rutinan tiap tahun, tp ya ntu, cma sugainya aja yg gede, a sampe melumpuhkan aktivitas di kota...
hmmnnn bersambung ya

ditunggu lanjutannya

gorong" na kurang bnyak gan



Buat mancing enak tuh di waduk ikan nya banyak
mejeng pejwan sambil nunggu update
ditunggu kelanjutannya, jadi pengen jalan-jalan ke solo.
Untng pnya waduk gajahmungkur & pintu2 air lain nye
Ow TS wong solo toh??
Orangnya kalem2 solo
Cukup jakarta aja yg kayak gitu, solo jangan ya
ko ngeri ya kalo liat spot" macem tu ngeri jeboll
wow keren
Bengawan Solo
Riwayatmu ini
Sedari dulu jadi...
Perhatian insani

Musim kemarau
Tak seberapa airmu
Dimusim hujan air..
Meluap sampai jauh

Mata airmu dari Solo
Terkurung gunung seribu
Air meluap sampai jauh
Dan akhirnya ke laut

Itu perahu
Riwayatnya dulu
Kaum pedagang selalu...
Naik itu perahu




Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta
ditunggu gan update nya selanjutnya
Quote:Original Posted By ziznwar ?
Mantap ditunggu lanjutan


Quote:Original Posted By mcs1972 ?
Lanjutkan gan


Quote:Original Posted By reagannnn ?
hmmnnn bersambung ya :sudahkuduga

ditunggu lanjutannya


Quote:Original Posted By indrawan25 ?
mejeng pejwan sambil nunggu update


Quote:Original Posted By quiz.kaget ?
ditunggu kelanjutannya, jadi pengen jalan-jalan ke solo.


Quote:Original Posted By gmgb.garena ?
ditunggu gan update nya selanjutnya


Sudah di update gan...
Itu aja dulu...
Quote:Original Posted By rheva77 ?

gorong" na kurang bnyak gan

Klu ntu sie emg iya sist, tapi gorong2 kan fungsinya buat ygditengah kota...



Quote:Original Posted By climberrock ?
Buat mancing enak tuh di waduk ikan nya banyak

Wkwkwkwkw, iya gan, tapi sayang ane ga hobi mancing...
Quote:Original Posted By 33th. ?
Cukup jakarta aja yg kayak gitu, solo jangan ya

Klu Solo sie tiap ahun banjir juga gan, cuma utk kasus air sungai meluap ntu plg bbrp tahun sekali, klu emg cuaca lg parah2nya...
Quote:Original Posted By anjing.liar ?
ko ngeri ya kalo liat spot" macem tu ngeri jeboll

Main kemari gan klu pas banjir, ane ajak renang ntar wkwkwkwkw...
Quote:Original Posted By sarangka ?
wow keren

Iye gan, keren...
Via: Kaskus.co.id

Tanpa Ini, Solo Bakal seperti Jakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar