Selasa, 05 Juli 2016

Sopir Angkot (Juga) Manusia Gan!

Pertama ada hal yang harus diluruskan di sini: kenapa bahasannya sopir angkot? Well, tapi dari sesuatu yang remeh begini ane bakalan menjadikannya sebuah kalimat-kalimat menawan yang menjadikannya berkelas untuk dibaca. #weleh.



Spoiler for sopir tampan:
Sopir Angkot (Juga) Manusia Gan!


Agan tau kan, sopir angkot? Iya, manusia dengan segenap jiwa dan raganya yang mempunyai kekuasaan mutlak atas kendaraan yang dikendarainya. Kekuasaan mutlak itu emang bener-bener mutlak, artinya kalau ada sesatu yang nggak pas sama kita, para penumpang, kita cuma bisa nurut, karena kembali lagi pada kenyataan di atas, kekuasaan mutlak. Semua kata basi-basi ini intinya tuh sopir angkot itu juga manusia, manusia super barangkali. Super karena titik kejenuhan yang mungkin jebol karena nggak bosen-bosennya keliling kota, di jalan dan rute yang sama, untuk menjemput pelanggan setia.

Kerasnya perjuangan di jalanan aspal, butiran debu terhempas, dan asap yang bergulung, menjadikan watak para sopir menjadi labil dan berbeda (halah masih basa-basi aja nih ane). Ya gitu. Sopir biasanya jadi ugal-ugalan dan nggak peduli nyawa demi rupiah, nah lo? Nggak cuma itu, beberapa sopir angkot yang pernah ane dalami, telaah, dan investigasi, ada beberapa sifat-sifat dari sopir angkot yang menunjukkan bahwa dia juga manusia biasa. Sifat-sifat itu, ya kayak gini.

1. Nafsu alias Ugal-Ugalan

Quote:Paling sering ane alami sih. Nggak tau ada apa gerangan sopir angkot menyetir angkotnya dengan gas pol gitu. Apa mereka kira mereka lagi ada di sirkuit balap angkot? Apalagi kota saya tuh, kota kecil, jalanannya juga nggak lebar-lebar amat. Jadi kalo sopirnya udah pindah gigi, injak gas, dan nyelipnya 'banting stir' mepet sama yang diselip sama mepet pinggir trotoar tuh serasa nyawa floating di awang-awang.

2. Butuh alias Kejar Setoran

Quote:Gak ada bedanya sih sama ugal-ugalan, tapi yang ini biasanya lebih kenceng! Mau turun aja angkotnya nggak mau berhenti! Kampret sekampret-kampretnya. Ane berkali-kali terseok-seok saat turun di angkot-yang-nggak-mau-berhenti-biadab ini. Tau kan rasanya?

3. Ketidaksempurnaanalias Budek

Quote:Iya, alias semi tuna rungu. Sesekali pernah ane naik angkot bersopir budek ini. Padahal udah duduk di depan, di samping sopirnya. Kira-kira begini situasi pembicaraannya :

Ane : 'Pak, kiri pak.' (dengan suara normal)

Sopir budek diem aja, terus melaju dengan watados.

Ane : 'Pak! Kiri pak!' (agak di kerasin, tapi udah 50 meter jauhnya dari gang kampung rumah ane)

Sopir natap ane, tapi malah ngelaju lagi! Kampret.

Habis kesabaran, sopir budek terus ane colek tangannya sambil ngasih kode 'turun di sini' dan 'ini uangnya'. Ane turun 1 km jauhnya dari gang kampung rumah.


4. Galau alias Ngetem

Quote:Nggak tau ini termasuk budaya klasik atau masalah klasik dunia angkutan umum. Tapi ane nggak terlalu bermasalah dengan ngetem karena ane udah terbiasa untuk menunggu, apalagi untuk menunggu yang terlalu lama. Biasanya yang ngetem gini kuota penumpangnya nggak terpenuhi atau kosong melompong cuma ada ane seorang. Sopirnya suka ngomel-ngomel sendiri dan kalo ngetemnya itu nggak dapet penumpang suka misuh-misuh pas jalan lagi. Ane berkali-kali terkena misuhan sang sopir angkot yang mutung ini.

5. Ego alias Maksa

Quote:Udah tau kalo angkotnya udah full bahkan over, eh masih aja suka maksa kita buat masuk angkot itu. Kalo udah gini nafas perlu dijaga iramanya dan jendela kalo bisa dibuka lebar-lebar biar bau ketek dan keringat para pejuang, eh penumpang tergantikan oleh udara dari luar. Tapi kalo macet dan macetnya di antara banyak angkot, buka atau tutup jendela sama aja, prengus dan kemebul.

6. Curhat alias SKSD

Quote:Suka sama sifat ini. Di saat pikiran hampa, memikirkan apa yang terjadi di rumah sekarang, dan tiba-tiba sopir nyolek ngajak bicara. Denger kisah hidup sopir angkot itu gokil-gokil dan sesekali bikin trenyuh, bikin ane bertanya-tanya pada diri saya sendiri: oh, jadi hidup itu kayak gini ya? Kok bisa? Bukannya harus kayak gitu? Gitu. Tawa seringkali meledak tetapi sesekali juga perlu dipikirkan dan direnungkan. Menurut ane mereka itu motivator jalanan yang memang biasanya udah merasakan pahit manisnya dunia, jadi omongan mereka bukan sekedar bualan tapi emang kenyataan yang mutlak.

Spoiler for Kata bijak:
Mulai sekarang belajar menghargai setiap insan di bumi ini, karena semua yang diciptakan-Nya itu begitu berharga.


bawah ane manusia bukan nih ?

numpang yak bree
ini trit ht ane bree


TRIT SAMPAH , JANGAN DIBUKA
Setuju sama isi tritnya

Atas gw hasil persilangan indukan beda spesies
Abu Jahal juga manusia gan
Mungkin cuman perasaan abang aja ah
Balapan ama sesama angkot
Ngeri dah tuh
kalok dimedan supir angkotnya udh kek film balap, ngebutnya kan maen



oh iya, Rocker juga manusia
, bukan cuman sopir angkot aja


njir yang no 3 ngeselin tuh gan
Yang penting jangan jadi sopir FakeAngkot
ya gitu deh gan
Sungguh bijak trit ini junker juga manusia
Ntapz, liak liuknya udah layak hertarung di ajang f1
Yg blg alien siapa gan?
Quote:Original Posted By bramantyonagas ?
Setuju sama isi tritnya

Atas gw hasil persilangan indukan beda spesies



cepet amat bacanya
sopir angkot juga harus paham,
penumpang juga manusia
jangan seenaknya
Quote:Original Posted By bukankangsomay ?
cepet amat bacanya

Namanya teknik skimming & scanning, google sono kalo gak tau artinya


BTW Ane Udah Pernah Nabrak Angkot Bre Walaupun Sedikit Yg Rusak Tapi Gw Lihat Ini Tukang Angkot Yg Gw Tabrak Lebih Susah Kayaknya Dia Lagi Ngejar Setoran Soalnya Muka Nya Lagi Sedih Bre Ternyata Pas Gw Tanya Dia Lagi Nyari Buat Uang Lahiran Bre
Ternyata Baru Tau Gw Selama Ini Tukang aa angkot Kebut Kebutan Buat Nyari Sesuap Nasi Buat Keluarga Bre
Spoiler for Goyang Dulu Bre Daripada Pusing :
Sopir Angkot (Juga) Manusia Gan!
Nice info gan
Tapi suka ngetem sembarangan bikin macet kan kezelll
Quote:Original Posted By sm2098 ?
sopir angkot juga harus paham,
penumpang juga manusia
jangan seenaknya


wkwkwk setuju ane gan.

Via: Kaskus.co.id

Sopir Angkot (Juga) Manusia Gan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar