Sabtu, 09 Juli 2016

MENGENAL 4 KARAKTER MANUSIA

Semua manusia dibagi ke dalam 4 jenis karakter yakni : sanguinis, melankolis, koleris dan phlegmatis. Empat pola karakter atau watak dasar manusia ditulis oleh Florence Litteur dalam bukunya �Personality Plus�. Kalau saja kita pahami, kita akan sangat terbantu sekali dalam hubungan dengan orang lain.
MENGENAL 4 KARAKTER MANUSIA

Spoiler for SANGUINIS:

MENGENAL 4 KARAKTER MANUSIA
Kelebihan :
� Suka bicara
� Bisa jadi pendengar yang baik, emosional dan demonstrative
� Antusias dan ekspresif
� Ceria dan penuh rasa ingin tahu
� Berhati tulus dan kekanak-kanakan
� Senang kumpul dan berkumpul
� Mudah berteman dan menyukai orang lain
� Senang dengan pujian dan ingin menjadi perhatian
� Menyenangkan dan dicemburui orang lain
� Mudah memaafkan dan tidak menyimpan dendam
� Mengambil inisiatif/menghindar dari hal-hal atau keadaan yg membosankan
� Menyukai hal-hal yang spontan

Kelemahan :
� Suara dan tertawa yang keras
� Membesar-besarkan suatu hal/kejadian
� Susah untuk diam
� Mudah ikut-ikutan atau mudah dikendalikan oleh keadaan atau orang lain
� Sering minta persetujuan termasuk hal-hal yang sepele
� Pelupa atau RKP (Rentang Konsentrasi Pendek).
� Dalam bekerja lebih suka bicara
� Mudah berubah-ubah/ tidak konsisten
� Susah datang tepat waktu
� Prioritas kegiatan kacau
� Mendominasi percakapan, suka menyela pembicaraan
� Sering mencampuri permasalahan orang lain seolah-olah masalahnya sendiri
� Suka mementingkan diri sendiri
� Sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yg sama
� Konsentrasi ke �berapa uang yang saya belanjakan� daripada �how to earn/save money�.


Spoiler for MELANKOLIS:

MENGENAL 4 KARAKTER MANUSIA
Kelebihan :
� Analitis, mendalam dan penuh pikiran
� Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal
� Artistik, musical dan kreatif
� Sensitive
� Mau mengorbankan diri dan idealis
� Standar tinggi dan perfeksionis
� Tekun, serba tertib dan teratur (rapi)
� Hemat
� Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan
� Kalau sudah mulai, dituntaskan.
� Hati-hati dalam memilih teman
� Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi
� Sangat memperhatikan orang lain.

Kelemahan :
� Cenderung melihat masalah dari sisi negative
� Mengingat yg negative dan pendendam
� Mudah merasa bersalah
� Lebih menekankan pada cara daripada tujuan
� Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan
� Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
� Hidup berdasarkan definisi
� Sulit bersosialisasi (cenderung pilih-pilih)
� Tukang kritik, tetapi sensitive terhadap kritik yang menentang dirinya
� Sulit mengungkapkan perasaan
� Rasa curiga yang besar


Spoiler for KOLERIS:

MENGENAL 4 KARAKTER MANUSIA
Kelebihan :
� Senang memimpin, membuat keputusan, aktif dan dinamis
� Senang melakukan perubahan dan mengoreksi kesalahan
� Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/target
� Bebas dan mandiri
� Berani menghadappi tantangan dan masalah
� Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat
� Terdorong oleh tantangan
� Unggul dalam keadaan darurat

Kelemahan:
� Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis)
� Senang memerintah
� Terlalu bergairah dan susah untuk santai
� Menyukai kontroversi dan pertengkaran
� Terlalu kaku
� Tidak menyukai air mata dan tidak simpatik
� Tidak suka bertele-tele
� Sering membuat keputusan tergesa-gesa
� Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain
� Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan
� Workholic
� Amat sulit mengaku salah
� Merasa selalu benar


Spoiler for PHLEGMATIS:

MENGENAL 4 KARAKTER MANUSIA
Kelebihan :
� Mudah bergaul, santai, tenang dan`teguh
� Sabar, seimbang dan pendengar yang baik
� Tidak banyak bicara dan cenderung bijaksana
� Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi)
� Kuat dibidang administrasi
� Penengah masalah yang baik
� Baik dibawah tekanan
� Menyenangkan dan tidak menyinggung perasaan
� Rasa humor yang tajam
� Peduli
� Mudah diajak rukun dan damai

Kelemahan:
� Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/kegiatan baru
� Takut dan khawatir
� Menghindari konflik
� Keras kepala, sulit berkompromi
� Terlalu pemalu dan pendiam
� Cenderung suka mengejek
� Kurang berorientasi pada tujuan
� Sulit bergerak dan memotivasi diri
� Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat
� Tidak senang desak-desakan
� Menunda-nunda/menggantungkan masalah


Agan akan mengerti mengapa pacar agan gampang berjanji dan hebatnya dengan mudah pula ia melupakannya
Yang manakah karakter agan?

Spoiler for Sumber:

Tabloid BawaKaraeng edisi 117
pic: mebiso.com

Koleris mantep vre
Hateh
Klo kepribadian ganda masuk mana gan?
sepertinya ane termasuk orang yang phlegmatis
ane gak mudeng bre
Kayaknya Ane Masuk Ke Kepribadian Sanguinis Deh Bre
Spoiler for Goyang Dulu Bre Daripada Pusing :
MENGENAL 4 KARAKTER MANUSIA
Quote:Original Posted By hardcase ?
Klo kepribadian ganda masuk mana gan?


Klo kepribadian ganda itu sih gangguan gan
yang ane tau ane berkpribadian luhur.
masih dipertanyakan kalo ane mah
ane melankolis bray
Sanguinis keknya ane pernah denger
perilaku melankolis sampe berpikiran negatif dan pendendam gitu
Ane termasuk mana ya?
Btw kategori romantis gak ada ya gan?mungkin itu ane
melankolis
Ane nomer 4
Bawah ane homoningitis
wow ..masuk yg mana ya
Quote:Original Posted By egalitarianist ?
Ane termasuk mana ya?
Btw kategori romantis gak ada ya gan?mungkin itu ane


Hahaha
Phlegmatis melahirkan orang2 yang suka PRIHATIN, DIKIT2 PRIHATIN macam SBY
kayaknya gw tipe phlegmatis deh
bray
calon HT nih
ane sanguin kata temen temen ane
Via: Kaskus.co.id

MENGENAL 4 KARAKTER MANUSIA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar