Sabtu, 23 Juli 2016

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?

Gak nyangka bisa HT thnx buat Mimin/momod yang udah mengizinkan thread ane mejeng di halaman paling depan Kaskus
Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?
Yuk lanjut ke thread ane

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?

Hallo bro/sist setelah lama vakum dalam dunia perblog-an gw balik lagi dan kali ini gw bakal ngasih tips buat lu yang mau masuk ke dunia programming so bagi kalian yang tertarik dengan dunia pemogramman bisa pantengin blog gw karena bakalan banyak hal yang gw sharing secara detail dan terperinci.

Balik ke judul postingan kali ini yaitu Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming? banyak banget tutorial yang bertebaran di internet tentang Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming tapi yang gw jelasin dibawah lebih ke persiapan diri dan mental lo, oh iya "ngoding" gak cuma pakai logika tapi juga kreativitas dan yang pastinya semangat 45 yang membara bro/sist keep Lanjut kebawah.

6 Hal yang harus lu tanem di otak lu sebelum melanjutkan masuk ke dunia pemogramman/programming :

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?
1. Semangat untuk belajar terus dan terus menerus
Teknologi terus berkembang manusia pun harus begitu semakin cepat lo memulai belajar semakin cepat juga lo bisa nyusul teknologi itu sendiri. belajar ngoding sama aja kaya ilmu yang lain "gak ada habisnya" lo harus semangat belajar terus menerus jangan berenti ditengah-tengah apalagi diawal nikmatin alurnya jangan jadiin beban karena ini baru permulaan.

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?
2. Bug itu pasti ada
Kaya di film Who am i ada quote seperti ini "No System is Safe" yang artinya gak ada system yang aman, semua system pasti bisa tembus alias punya celah tentunya kita gak bakal bahas itu, intinya semakin lo sering memecahkan masalah semakin minimal bug/kesalahan yang akan lo dapat.

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?
3. Siap pusing kalau error
Pusing? yap, obatnya? solving error itu sendiri,
gak ada obat yang bisa nyembuhin "kepusingan" seorang programmer selain mecahin error itu sendiri, bersyukur kalau mendapat error karena lo bakalan sering terlatih.

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?
4. Banyakin refrensi
Di era modern seperti ini refrensi bukanlah suatu masalah banyak yang bisa kita temui ex : search engine, forum, buku, dll. beda dengan jaman dulu yang notabene nya minim refrensi.
Refrensi gak harus tertulis loh belajar dari guru,teman atau senior lebih mempercepat proses belajar kita.

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?
5. Kalau ada error jangan cepet2 cari di google
Ada quote "Semakin banyak nanya, semakin banyak tau" ya itu sih gak salah, tapi bukan alangkah lebih baik try first atau mencoba dulu? kalau mentok ya baru cari google, kalau tetep mentok? ya berserah diri aja barangkali dapet ilham waktu ngelamun .

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?
6. Ketik kode lo sendiri!
Ini yang paling penting, ang dimaksud ketik kode lo sendiri disini adalah disaat lo belajar dengan mengikuti tutorial jangan lo copas kodenya tapi lo ketik sendiri, dengan begitu lo bakalan terbiasa dengan struktur bahasa program dan juga meminimalisir typo atau kesalahan penulisan, karena salah 1 titik aja lo bakalan dapet error yang bejibun.


Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?
7. Fokus dengan 1 Bahasa pemograman dulu
Fokus itu penting lo gak perlu muluk muluk pingin hatam belajar semua bahasa pemograman karena di dunia pekerjaan pun lo bakal bekerja dengan tim, yang harus lo lakukan fokus dengan 1 bahasa pemograman setelah bener bener hatam baru lo bisa lanjut ke bahasa pemograman yang lainnya, karena hal yang dikerjakan sekaligus hasilnya gak bakal sesempurna lo pelajarin 1 bahasa dulu.

Kalau lo ngerasa udah siap dengan yang gw jelasin diatas ya silahkan lo masuk ke dunia pemograman, sedikit sharing dari gw banyak bahasa pemograman yang bisa lo pilih tergantung minat lo pingin ngembangin aplikasi/web, kalau lo pingin ngebuat web lo bisa mulai dengan belajar bahasa pemograman HTML, kalau lo pingin membuat aplikasi desktop lo bisa pelajarin visual studio atau lo punya cita-cita ngebuat game android? lo bisa pelajarin bahasa pemograman java pakai android studio,

Sekian postingan gw kali ini mudah mudahan bermanfaat tunggu artikel dari gw selanjutnya tentang dunia pemograman dan teknologi yaa.

Sumber Blog Ane

Tips dari agan-agan :
Quote:Original Posted By rudot ?
bener banget gan
saya lulusan aiti dan udh kerja sekitar 1 taun.
yang terpenting dalam memasuki dunia programing adalah mentalitas.
untuk awal mental untuk mau mencoba, pantang menyerah sangat diperlukan.
karena programming tidak hanya sekedar copy paste saja, mungkin untuk program2 sederhana level latihan kuliah bisa copas dr google, tp kalo dah real project? jangan harap copas banyak bantu.
programmer itu perlu analisa yang kuat, analisa yang kuat didapat dari jam terbang ngoding.
jadi mustahil jago programming kalau ngoding aja ga mau. kalo mau jago harus sering2 ngulik.
awalnya emang susah membentuk logika programming, tapi kalau agan sudah ngerti dasar ke depannya pasti gampang kok, tinggal penyesuaian dengan vahasa pemrograman saja.
pengalaman saya pribadi, kuliah di jurusan aiti yang niat ngoding itu paling cuma 10% sisanya asal lulus dan kerjanya jd admin atau kabur dr dunia aiti.
cuma ya di sini programmer tuh dianggep kuli, kerja berat tp gajinya ga seberapa, saya suka iri dengan teman2 saja, kerja pulang teng go gaji setara atau di atas saya, sedangkan saya? pulang teng go cuma mitos. ya semoga saja dunia aiti indonesia mengalami perbaikan.


Quote:Original Posted By xcoding ?
ane nambahin nih gan pajang di page one.


emang bener banget saran ente gan,kebetulan ane udh 4 tahun di bidang programming dan kerja di perusahaan migas.
intinya di dunia ini kita harus yg namanya try and error.
sejago apapun programmer pasti akan menemukan kesalahan dalam baris kode nya.
jadi tetap lah berlatih dengan cara iseng2 bikin program tanpa copas dari internet.

misal bikin program penjualan,program parkir tanpa copas.
lalu ente jual dah tuh program nya,dstulah rasa kebanggan nya gan.

*keep ngoding


Quote:Original Posted By lebah.ganteng ?
Kalo menurut ane hal paling pertama bgt yaitu:

NIAT, KEMAUAN, dan LATIH MENTAL

ane sendiri skrg masih kuliah di bidang aiti, dan baru lulus 1 tahun lagi (InsyaAllah)
karna dari pengalaman ane kerja di startup sampai akhirnya mendirikan startup sendiri, yg namanya jd programmer itu bener2 ditempa mental dan fisiknya.... Kalo gk kuat bisa bikin "bocor alus"

Tips ane buat yg mau jadi programmer:

1. Cari BAHASA yg anda suka! Karna ini akan berpengaruh bgt kedepannya....
2. Jangan terlalu fokus di satu bahasa, kalo ane biasanya belajar 1 bahasa yg lg trend dan 1 bahasa yg belum (atau akan) trend... contohnya saya fokus di Java Android yg lg trend dan Python yg sekarang blm trend...
3. Bahasa Program itu jgn dihafal, pahami saja konsepnya..... Karna akan slalu muncul bahasa2 baru tiap waktu... Atau kalo mau lebih mudah pahami aja dasar2 OOP
4. Sering2 ikutan HACKATHON! Karna akan dapat memacu agan2 buat bikin program/solve problem hanya dalam waktu 1 hari...
5. Jangan takut utk ambil proyekan... ini bisa memacu agan2 buat lebih banyak belajar hal2 baru...
6. Rajin2 belajar dan rajin2 lah mencari BUG....

Awalnya emang pahit bener kok, tapi kalo udh biasa agan2 bakal senang sendirinya kok......


Yang mau nambahin silahkan gan ntar ane page one

Mampir Ke thread ane yang lain
Salah Paham Tentang Kecepatan Internet Yang Harus Kamu Tau!
Nyimak .. PERTAMAAX CUUYY
harus punya kompi dan lepi pastinya
Quote:Original Posted By 1piesu ?
harus punya kompi dan lepi pastinya




betul gan
kalo tanpa itu nanti ngoding dimana



========

siapin listrik untuk kompi
Nais saran
hello world

kata2 legend bagi programer
Harus NGOPI
Kayak heker ya bre
Kuatkan mata bre
Siapin kopi dan cemilan sebanyak banyaknya
yg penting semangat bray
fokus ke 1 bahasa pemograman dulu

kalo banyak sekaligus ngebul kepala agan
40% masuk akal di lonje, 60% harusnya di forum programming..
Dimana2 sebelum ngecoding musti pelajari dasar bahasa pemograman, PHP, HTML, VB, C++ atau apa, kalau blom tau bahasa pemograman mana bisa ngecoding
Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?

"nyalain komputer/lapie."
Yg penting harus punya Laptop dulu
Judul nanya isi trit nya jawaban kebangetan



Btw sebelum memulai programing coba push up 30x dulu

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?
Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?
Hmmm tetep aja ane ga faham gan...itu aja dulu...
Tips dari ane Jangan programming kalo ga punya Pc ato lepi
Via: Kaskus.co.id

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar