Sabtu, 18 Juni 2016

Apakah itu Sense of belonging a.k.a rasa memiliki ?

Selamat datang di thread sederhana ane gan, kali ini ane akan membahas tentang sense of belonging (SOB) atau rasa memiliki. Enjoy reading yak gan

Apakah agan pernah merasakan hal" berikut ini ?
Spoiler for apakah agan pernah merasakan...:


Apakah agan seorang mahasiswa,pekerja,atau masyarakat umum ? Pernahkah agan merasa tak dianggap di lingkungan agan ? Agan berada di keramaian tetapi agan tidak merasakannya ? Dengan kata kasar, agan merasa dikucilkan ?

Spoiler for Apakah agan pernah merasakan...:

Apakah agan kuliah hanya menuruti paksaan orangtua agan ? Seakan-akan agan tidak pernah tau arti kuliah agan ? Atau apakah agan bekerja merasa tidak pada passion agan ? Agan merasa cepat bosan dengan apa yang agan kerjakan ?

Spoiler for Apakah agan pernah merasakan...:

Apakah agan pernah tidak peduli dengan lingkungan agan ? Misal, ada teman agan yang sakit,tetapi agan cuek, atau ketika ada keran air dan lampu kantor atau sekolah agan menyala tetapi agan abaikan, merasa itu bukan tanggung jawab agan ?

Mungkin dari kita pernah merasakan hal" di atas, mungkin itu karena SOB kita kurang gan,lalu apa sih SOB dan dampaknya pada kehidupan di lingkungan sehari-hari kita ?

Spoiler for Menurut DR. Robiyanto Tan:
"Rasa memiliki (sense of belonging) merupakan ekspresi jiwa yang penting dalam kehidupan seseorang. Rasa memiliki juga akan memiliki dampak yang nyata terlihat secara signifikan di dalam perilaku seseorang. Seseorang yang memiliki rasa memiliki akan bertindak peduli, terikat, memiliki empati, termotivasi bahkan mampu memberdayakan dirinya sendiri meskipun tidak ada stimulan."
Sumber

Spoiler for Menurut James Gilmore:
Berdasarkan definisi oleh James Gilmore di ehow.com, a sense of belonging is the feeling of being connected and accepted within one's family and community. It is important in healthy human development and combating behavior problems and depression.

Atau kalau diterjemahkan menjadi: perasaan terhubung dan diterima dalam sebuah keluarga atau komunitas. Sense of belonging penting untuk pengembangan kesehatan dan melawan masalah kepribadian serta rasa depresi.
Sumber

Spoiler for Singkatnya gan:
Singkatnya gan, sense of belonging adalah rasa memiliki terhadap sesuatu,baik itu komunitas, keluarga, sahabat, dan lain sebagainya. Ketika sense of belonging sudah tertanam kuat dalam diri kita, kita akan sampai pada tahap membutuhkan, rela berkorban, dan kemudian tak lagi menyebut pengorbanan itu sebagai 'pengorbanan', melainkan kewajiban gan. Kita akan merasa nyaman,merasa memiliki lingkungan dan diterima di lingkungan itu gan, O ya, setiap individu memiliki tingkat SOB yang berbeda-beda ya gan

Lalu apa sih manfaat SOB di kehidupan kita gan ?

Spoiler for Jika agan mahasiswa:

Jika agan mahasiwa, manfaat SOB banyak banget gan, agan akan merasa sangat nyaman memiliki banyak teman di sekitar agan, mulai dari tugas,main sampai agan lulus nanti akan memiliki link dimana-mana. Agan akan semakin nyaman dengan jurusan agan,jadi kuliah tidak hanya paksaan dari orang lain tapi juga berasal dari hati nurani agan. O ya, SOB ini juga sangat penting bagi keberlangsungan Organisasi kampus agan nih, agar rasa tanggung jawab dan memiliki semakin besar

Spoiler for Jika agan seorang pekerja:

Jika agan seorang pekerja, manfaat SOB ini adalah memupuk hubungan dengan teman kerja agan, sehingga agan merasa nyaman berada di pekerjaan agan, Karena lingkungan kerja adalah rumah kedua, maka sangatlah penting untuk membangun SOB antar sesama teman kerja gan, sehingga pekerjaan akan terasa nyaman dan bukan menjadi sebuah beban

Spoiler for Manfaat SOB di lingkungan masyarakat:

Kita sebagai makhluk sosial tentu akan membutuhkan orang lain untuk hidup gan, apalagi di lingkungan masyarakat, manfaat SOB akan membuat kita mampu menerima sekaligus diterima oleh masyarakat gan, indahnya kebersamaan akan semakin kita rasakan

Lalu bagaimana caranya menumbuhkan SOB ini gan ??

Spoiler for Cara menumbuhkan SOB:

Spoiler for Adaptasi dengan lingkungan:

Adaptasi dengan lingkungan

Spoiler for Kenalan:

Jangan malu kenalan gan

Spoiler for positive thinking:

Selalu berpikir positif gan

Spoiler for Percaya diri:

Selalu percaya dengan diri agan

---***---

Sekian thread sederhana ane tentang Sense of belonging atau rasa memiliki gan, terimakasih telah mampir ke thread ane yang sederhana ini, semoga kita dapa mengambil pelajaran dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari ya gan.

Sumber : kaskus.co.id

Apakah itu Sense of belonging a.k.a rasa memiliki ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar