Minggu, 19 Juni 2016

9 Animasi Lokal Indie Karya Anak Bangsa Dengan Kualitas International

9 Animasi Lokal Indie Karya Anak Bangsa Dengan Kualitas International

Quote:9 Animasi Lokal Indie Karya Anak Bangsa Dengan Kualitas International.

Quote:Dunia animasi kini menjadi salah satu bidang yang menarik perhatian dunia, Pixar dan Dreamworks merupakan studio animasi terkemuka di dunia yang menciptakan banyak film layar lebar animasi yang menjadi favorit banyak orang seperti Despicable Me, Toys Story, Monster Inc serta beberapa animasi lainya.
namun tahukan agan bahwa indonesia memiliki para animator yang memiliki karya dengan kualitas profesional dan berpotensi untuk go internasional, selain itu animasi ini di kerjakan secara indie atau sebagian besar dikerjakan oleh perorangan dan tidak terikat dengan studio. hal ini membuktikan bahwa animator indonesia memiliki daya saing dengan animator internasional lainya.
Quote: Berikut ini adalah 9 animasi karya anak bangsa yang di buat perorangan dan tidak kalah dengan kualitas animasi di luar negeri.


The Lonely Goddess
Quote:
Spoiler for The Lonely Goddess:

Adalah karya dari Pamela Suryadjaya yang merupakan tugas akhir di universitas nya, short movie ini berkisah tentang seorang dewi bulan yang kesepian yang akhirnya menemukan sang dewa matahari dan saling jatuh cinta, meskipun terpisah dengan jarak dan waktu mereka tidak menyerah pada cintanya. dan akhirnya mereka dipertemukan kembali meskipun singkat pada momen gerhana matahari. Pamela meracik The lonely goddess dengan kombinasi cerita romansa nusantara dengan konsep art yang menawan. dan karyanya mampu menarik perhatian dari masyarakat lokal hingga internasional.

King Zomut Adventure
Quote:
Spoiler for King Zomut Adventure:

Berikut ini adalah karya dari Aldi Prayudha dengan konsep art yang lucu serta cerita yang menarik. king zomut bercerita tentang raja buruk rupa yang mempertahankan kerajaanya dari serangan raja manusia yang ingin menguasai seluruh kerajaan di dunia. Dengan tampilan chibi yang imut, pencahayaan yang halus serta kualitas visual yang patut di acungi jempol, membuat short movie ini menjadi salah satu favorit saya dan diharapkan dapat dinikmati oleh viewer dari segala usia baik dari lokal atau manca negara.

Ngejer Sari
Quote:
Spoiler for Ngejer Sari:

Menjadi salah satu Finalis Kategori Animasi Hellofest 2014, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi sang kreator Bonny Bimapoetra. ngejer sari sendiri menceritakan tentang perseteruan antara sopir bajaj dengan sopir kancil yang berlomba - lomba untuk menarik perhatian seorang penumpang bernama Sari, unsur komedi yang segar serta konsep art yang ringan menjadi salah satu keunggulan dari short movie ini.

Relation
Quote:
Spoiler for Relation:

Hasil karya dari Fathur Rizqi Ridwan yang mengangkat cerita tentang persahabatan unik antara robot dengan anjing. Relation dikemas dengan unsur animasi seperti stop motion dengan pencahayaan yang elegan dan kualitas visual yang halus sehingga menarik untuk dinikmati para viewer semua usia. Karya dari Fathur Rizqi Ridwan ini mengingatkan saya pada konsep art Dreamworks dan durasi short movie ini terbilang cukup panjang dari beberapa short movie lainya yaitu sekitar 8 menit.


Tic Toc
Quote:
Spoiler for Tic Toc:

Menceritakan tentang bagaimana seseorang harus memanfaatkan waktu sebaik- baiknya, karena waktu tidak akan terulang kembali. karya dari Randy Archie ini mengingatkan saya pada konsep art Disney Pixar, dengan cerita dari pengalaman sehari - hari dan dibalut dengan konsep art 3D cartoon serta memiliki pesan moral yang jelas dan membuat short movie ini menjadi salah satu favorit saya.

Moriendo
Quote:
Spoiler for Moriendo:

Diangkat dari cerpen karya noviana kusumawardhani dan dikemas secara menarik oleh Andrey Pratama. Perpaduan konsep cubic art yang unik dengan cerita yang puitis menghasilkan short movie yang berkesan,animasi ini juga menggunakan multi bahasa seperti bahasa jepang, serta inggris agar dapat dinikmati oleh viewer internasional.

Wedhuswolf
Quote:
Spoiler for Wedhuswolf:

Hasil karya dari Steven yang mengangkat tema cerita tentang kambing jadi-jadian yan dapat berubah menjadi serigala ketika marah. Wedhuswolf dikemas dengan unsur komedi serta konsep art yang halus sehingga menarik untuk dinikmati para viewer semua usia.

A Man Who Refused
Quote:
Spoiler for A Man Who Refused:

Sebuah karya dari Ridho Meka yang menceritakan tentang seorang pria yang telah kehilangan kedua orang terdekat nya. Dengan menggunakan unsur perpaduan style cubic art serta pencahayaan dan efek cinematic yang elegan memberikan kesan bermakna dan mendalam yang telah menjadi fokus utama dalam karya ini.

The Akhsaran
Quote:
Spoiler for The Akhsaran:

Merupakan salah satu animasi yang terinspirasi dari kisah kolosal lokal "gatot kaca", kisahnya sendiri menceritakan tentang seseorang dari clan pembasmi iblis yang tersisa yaitu akhsaran yang bertemu sang iblis "barong". meskipun akhsaran hanya berupa teaser namun kualitas yang ditawarkan oleh sang kreator, Aldi Prayudha tidak setengah - setengah. konsep art yang realistik yang dikombinasikan dengan tema heroik klasik gatot kaca patut untuk ditunggu kelanjutannya.


Quote:Ini adalah sebagian dari beberapa animasi indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan animasi internasional, khususnya untuk skala perorangan yang dalam proses modeling, editing, dan compositing nya sebagian besar dikerjakan seorang diri. Namun masih sulit untuk muncul di atas permukaan seorang diri, diharapkan pemerintah dapat lebih memberikan perhatian dan fasilitas kepada para animator lokal sehingga para animator lokal dapat lebih berkembang dan karya - karyanya dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Quote:Sekian terima kasih, jika tidak merepotkan boleh minta yang ijo - ijo gan buat berbuka puasa

Berhubung banyak yang bertanya mengapa Battle of Surabaya, Sapo Jarwo & Plentis Klentus tidak ane masuk kan di mari, di karena kan disini berfokus pada karya animasi yang di kerjakan atau di ciptakan secara independen oleh kurang lebih 1 - 3 orang saja. untuk memberikan appreciate kepada mereka yang meskipun bekerja seorang diri namun tetap bisa menghasilkan sebuah karya yang patut untuk di banggakan.


Sumber : kaskus.co.id

9 Animasi Lokal Indie Karya Anak Bangsa Dengan Kualitas International Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar