Quote:Sekilas Tentang MRT JAKARTA Dan Latar Pembangunan
MRT Jakarta, singkatan dari Mass Rapid Transit Jakarta atau Angkutan Cepat Terpadu Jakarta (bahasa Inggris: Jakarta Mass Rapid Transit) adalah sebuah sistem transportasi transit cepat yang sedang dibangun di Jakarta. Proses pembangunan telah dimulai pada tanggal 10 Oktober 2013 dan diperkirakan selesai pada tahun 2018 Latar pembangunan Jakarta adalah ibu kota Indonesia, menyimpan lebih dari 9 juta jiwa. Diperkirakan bahwa lebih dari empat juta penduduk daerah sekitar Jabodetabek perjalanan ke dan dari kota setiap hari kerja. Masalah transportasi semakin mulai menarik perhatian politik dan telah meramalkan bahwa tanpa terobosan transportasi utama, kemacetan akan membanjiri kota itu menjadi kemacetan lalu lintas lengkap pada tahun 2020
Sejak tahun 1980 lebih dari dua puluh lima studi subjek umum dan khusus telah dilakukan terkait dengan kemungkinan Mass Rapid Transit (MRT) sistem di Jakarta. Salah satu alasan utama untuk penundaan dalam menanggulangi masalah adalah krisis ekonomi dan politik 1997-1999. Sebelum krisis, sebuah Build-Operate-Transfer (BOT) dianggap sebagai bagian dari MRT baru melakukan keterlibatan sektor swasta. Setelah krisis, rencana mengandalkan BOT untuk menyediakan pembiayaan terbukti tidak layak dan proyek MRT itu lagi diusulkan sebagai skema yang didanai pemerintah.
Transportasi umum saat ini di Jakarta hanya melayani 56% perjalanan yang dilakukan oleh komuter sehari-hari.[3] Angka ini sangat perlu untuk dibesarkan sebagai tingkat kota 9,5% rata-rata tahunan pertumbuhan kendaraan bermotor jauh melebihi kenaikan 0,01% panjang jalan antara 2005 dan 2010
Transportasi umum sekarang terutama terdiri dari berbagai jenis bus, mulai dari bemo sangat kecil dan mikrolet berukuran pickup, minibus untuk sedikit lebih besar seperti banyak digunakan MetroMini dan Kopaja minibus, dan penuh berukuran kota bus, sistem angkutan cepat bus Transjakarta. Terdapat juga taksi dengan roda dua dan empat serta sistem Kereta Commuter Jabodetabek.
Quote:Jalur dan Rute Yang Dilalui MRT JAKARTA
Sebagian dari konstruksi jalur MRT Jakarta merupakan struktur layang (Elevated) yang membentang �10 km; dari wilayah Lebak Bulus hingga Sisingamangaraja. Dari rute tersebut, terdapat 7 Stasiun Layang, yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M dan Sisingamangaraja. Sementara Depo kereta api dibangun di area Lebak Bulus, berdekatan dengan stasiun awal/akhir Lebak Bulus. Seluruh stasiun penumpang dan lintasan dibangun dengan struktur layang yang berada di atas permukaan tanah, sementara Depo kereta api dibangun di permukaan tanah (on ground).
Tipe struktur layang yang akan digunakan adalah Tiang Tunggal (Single Pier) pada bagian bawah serta Gelagar Persegi Beton Pracetak (Precast Concrete Box Girder) pada bagian atas. Ketinggian gelagar dari permukaan jalan telah memperhitungkan persyaratan minimal jarak bebas vertikal (vertical clearance) 5,0 meter sesuai peraturan yang berlaku untuk jalan perkotaan. Pekerjaan Konstruksi Layang MRT Jakarta terdiri dari tiga paket, yaitu Contract Package (CP) 101, CP 102 dan CP 103.
Dan bawah tanah (Underground) MRT Jakarta membentang �6 km, yang terdiri dari terowongan MRT bawah tanah dan enam stasiun MRT bawah tanah, yang terdiri dari Stasiun Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, Bundaran Hotel Indonesia. Metode pengerjaan konstruksi bawah tanah menggunakan TBM (Tunnel Boring Machine) tipe EPB (Earth Pressure Balance Machine), dengan pembagian koridor paket pengerjaan terbagi menjadi tiga: CP 104, CP 105 dan CP 106
Quote:Pembangunan MRT JAKARTA
Kemajuan tahap pertama didanai melalui pinjaman oleh Bank Jepang untuk Kerjasama Internasional (JBIC), sekarang bergabung ke Japan International Cooperation Agency (JICA). Jumlah pinjaman IP adalah 536 (ditandatangani November 2006) untuk jasa rekayasa. Pinjaman jasa rekayasa adalah pinjaman pra-konstruksi untuk mempersiapkan tahap konstruksi. Terdiri dari:
1.Paket Desain dasar, dikelola oleh DGR (Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Departemen Perhubungan)
2.Manajemen dan paket Operasi, dikelola oleh Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jakarta)
3.Bantuan pembangunan dalam tender, dikelola oleh PT MRT Jakarta
Pada tanggal 31 Maret 2009, Perjanjian Kredit 2 (LA2) untuk jumlah 48.150 miliar Yen untuk membangun Sistem MRT Jakarta telah ditandatangani oleh Pemerintah Indonesia (diwakili oleh Duta Besar Indonesia untuk Jepang) dan JICA di Tokyo, Jepang.[6] Pinjaman ini akan diteruskan dari Pemerintah Nasional untuk Administrasi Jakarta City sebagai hibah (on-perjanjian penerusan hibah).[7] Setelah penandatanganan perjanjian pemberian untuk LA2, Pemprov DKI akan mengusulkan dua perjanjian pinjaman lain untuk LA3 dan LA4 ke pemerintah pusat. Proposal ini akan menjadi kesepakatan pinjaman untuk pemerintah daerah. Jumlah total LA3 dan LA4 ditujukan sebagai pinjaman oleh pemerintah daerah adalah sekitar � 71 Miliar. Jumlah ini didasarkan pada kemajuan, hasil dan serapan LA2. Paket pinjaman total dari JICA untuk pengembangan sistem MRT Jakarta bernilai total � 120 miliar.
Quote:Foto-Foto Pembangunan MRT Jakarta
Quote:Desain Kereta MRT Jakarta(Lebak Bulus � Bundaran HI)
Konsep Desain
Untuk konsep desain kereta MRT Jakarta Fase I Koridor Selatan-Utara (Lebak Bulus � Bundaran HI) merujuk pada 3 unsur utama yaitu simple, comfortable dan ecological. Kereta MRT didesain sedemikian rupa dengan sangat memperhatikan unsur-unsur penting diantaranya: modern, nyaman dan ramah lingkungan.
Warna
Hijau merupakan warna dominan yang digunakan untuk kereta MRT Jakarta Fase I Koridor Selatan-Utara (Lebak Bulus � Bundaran HI) ini. Alasan pemilihan warna hijau pada kereta MRT ini melambangkan keselarasan alam dan merupakan salah satu elemen warna pada corporate color MRT Jakarta
Saat ini kereta sedang dalam tahap desain dan manufaktur untuk mock-up oleh Nippon Sharyo di Jepang. Ditargetkan pada akhir tahun ini, mock-up kereta MRT akan tiba di Jakarta. Sedangkan untuk rangkaian kereta MRT yang pertama, ditargetkan akan tiba di Jakarta pada tahun 2018.
Quote:Semoga MRT Jakarta Cepat selesai pada tahun 2018 agar mengurangi angka kemacetan jakarta yang sudah sangat parah
semoga bisa mengurangi kemacetan di kota Jakarta
sebenernya sama aja sih naik kereta biasa cuma bedanya dia di dalem terowongan gitu Quote:Original Posted By GZlGenzu ?
Mantaph lah moga sukses
keren bre picnya
huhu semoga saja gan kita doakan saja semoga angkutan masal bisa mengatasi kemacetan jakarta Quote:Original Posted By rikuken ?
semoga bisa mengurangi kemacetan di kota Jakarta
semoga bisa mengurangi kemacetan di kota Jakarta
majang di trit calon ht
megah ya gan
semoga kuat & aman dari gempa bumi & banjir
semoga kuat & aman dari gempa bumi & banjir
wwwahhhh udah setengah jadi tuh kaya nya ... ayo semangat beresin
walaupun telat jadinya tapi gapapa lah yg penting ada
walaupun telat jadinya tapi gapapa lah yg penting ada
doakan terus bree semoga transportasi umum di jakarta bisa terus berkembang bree . THANKS FOR KOMEN Quote:Original Posted By approve.cc ?
Mantaph lah moga sukses
Mantaph lah moga sukses
Semoga cepat terealisasi :mantap
Semoga saja gan kan juga dibantu sama jepang pengerjaannya jadi insyaallah tahan gempa gan . THANKS FOR KOMEN GAN !!! Quote:Original Posted By madishop.com ?
megah ya gan
semoga kuat & aman dari gempa bumi & banjir
megah ya gan
semoga kuat & aman dari gempa bumi & banjir
2 TAHUN lagi jadi gan ditunggu di MRT JAKARTA hehe . THANKS FOR KOMEN GAN!!! Quote:Original Posted By ryanwijaya21 ?
wwwahhhh udah setengah jadi tuh kaya nya ... ayo semangat beresin
wwwahhhh udah setengah jadi tuh kaya nya ... ayo semangat beresin
tunggi akhirnya aj
Via: Kaskus.co.id
0 comments:
Posting Komentar