Sabtu, 20 Agustus 2016

[CEK GAN!] 5 Mindset yang Tercipta Karena Lingkungan Sekitar

Assalamm'ualaikum. Pagi-siang-sore-malam GanSis semua!

Halo, GanSis. Pha kabar?
Semoga sehat selalu dalam lindungan Tuhan YME yaaa, aamiin.

Kali ini, ane mau coba bahas hal-hal yang sering kita alami sehari-hari nih GanSis. Hal-hal yang akan dibahas itu, berkaitan dengan kebiasaan atau aktivitas rutinan kita. Langsung aja deh ya kita cek apa aja sih pemikiran-pemikiran mengenai kebiasaan kita yang muncul "begitu saja" dan tanpa ada alasan yang jelas? Cek yuk!



[CEK GAN!] 5 Mindset yang Tercipta Karena Lingkungan Sekitar

Quote:1. Sarapan, kudu bubur, lontong kari, atau kupat tahu

Spoiler for bubur:
[CEK GAN!] 5 Mindset yang Tercipta Karena Lingkungan Sekitar
Sumber: gastronomy-aficionado.com


Nah, ini yang pertama berkaitan dengan aktivitas perut nih. Pernah nggak, GanSis pagi-pagi mau makan, pergi ke dapur, liat ada sayur tertentu, tapi di otak ngebayanginnya bubur, lontong kari, atau kupat tahu* ??. Ane sih sering. Sayur kemarin malem ada dan masih enak untuk dimakan sih, tapi ane lebih pilih keluar cari bubur atau lontong kari . Kalau anak kostan, biasanya langsung caw keluar cari makanan-makanan ini (Boro-boro nyetok atau masak sendiri deh anak kost )

Beberapa orang mungkin lebih prefer roti pake selai kali ya. Tapi lidah ane gak masuk

*Lontong kari : lontong dikasih sayur kari, biasanya ditambah bawang goreng, kacang, kecap dan extra kerupuk. Beuh!
*Kupat tahu : lontong pake tahu dipotong-potong, biasanya ditambah toge, timun, bumbu kacang, kecap, dan juga extra kerupuk
.


Quote:2. Nasi Goreng Cuman Cocok dimakan Malam Hari

Spoiler for Nasgor:
[CEK GAN!] 5 Mindset yang Tercipta Karena Lingkungan Sekitar
Sumber : shrinkingsingle.com


Nomor dua, masih berhubungan sama perut
Kalau tadi, waktu yang nyocokin makanan, sekarang makanan yang nyocokin waktu. Yup. Nasi goreng yang fenomenal ini, entah kenapa lebih cocok dan lebih nikmat dimakan kalau malem hari. Walau di kantin ane banyak yang jual nasi goreng siang-siang, tetep aja, feelnya beda


Nah, dua mindset di atas ini, menurut analisis ngaco ane sih, bisa tercipta karena tukang bubur, lontong, kupat emang jualannya pagi-pagi dan tukang nasi goreng jualnnya malem-malem. Kalau tukang nasi goreng jualannya pagi, dan tukang bubur jualannya malem, tentu kebiasaan masyarakat akan berbeda juga. Nah, yang justru jadi pertanyaan adalah, kenapa tukang nasi goreng jualannya malem dan tukang bubur,lontong,kupat jualannya pagi-pagi?

Quote:3. Pakai Helm, Cuman pas ke Jalan Raya

Spoiler for Motor:
[CEK GAN!] 5 Mindset yang Tercipta Karena Lingkungan Sekitar
Sumber : viva.co.id


Nih, selanjutnya ini adalah mindset mengenai berkendara yang salah nih. Ane juga gak memungkiri sih, kalau Ane juga sering gak pake helm kalau pake motor ke tujuan-tujuan yang gak terlalu jauh dari rumah. Memang, risiko terjadi kecelakaan itu lebih besar di jalan raya. Tapi, suatu musibah gak ada yang tau loh. Pemikiran ini juga mirip sama pikiran masyarakat kalau pakai helm itu biar gak ditilang sama Mr. Police. Salah besar GanSis! Kuy, mulai sekarang, ubah mindset-nya kalau pakai helm itu untuk keselamatan kita sendiri ya!
Kalau pergi-pergiannya deket, mending gausah pake kendaraan bermotor aja, lebih enak jalan kaki!


Quote:4. Mending nggak Masuk Kelas kalau Sudah Telat

Spoiler for kelas:
[CEK GAN!] 5 Mindset yang Tercipta Karena Lingkungan Sekitar
Sumber : nurahmadsoleh.blogspot.co.id


GanSis yang kuliah nih, yang hobinya bangun siang (termasuk Ane ). Kalau ada kelas pagi, telat bangun, kadang Ane mending berangkat siang aja dan masuk kelas mata kuliah selanjutnya, alias bolos di mata kuliah pagi ini. Alasannya simple sih, karena udah pasti gak akan diabsen! Huaaah, mindset yang salah besar juga nih! Tapi, entah kenapa kebiasaan ini udah seperti sesuatu yang generic alias wajar-wajar aja (karena dilakukan banyak orang juga ). Padahal, tujuan kuliah kan untuk dapet ilmu, masalah absen mah sebenernya untuk syarat tertentu aja. Inget, urutannya, ilmu > nilai > absen. Bukan malah absen yang ada di prioritas utama ya GanSis!

Tapi, beda kasus loh ya kalau emang dosennya gak ngijinin masuk mahasiswa yang datang telat. Ini mah jelas mending gausah dateng


Tuh, dua bad mindset di atas, kira-kira kenapa bisa tecipta gitu ya GanSis?
Lagi-lagi berdasar analisis sesat Ane, pemikiran orang-orang kalau helm itu dipakai ketika berkendara ke jalan raya dan ketika ada polisi aja, tercipta karena polisi sering kali nilang pemotor yang nggak pakai helm hanya sekedar nilang aja. Harusnya, ceramahin pemotor dengan berbagai contoh kasus kecelakaan fatal yang terjadi karena gak pakai helm, perlu disertakan juga! Buat sosialisasi kreatif yang menggiring mindset masyarakat kalau pakai helm itu, untuk keamaan diri sendiri.

Kalau mindset yang kedua sih, menurut ane ya, karena kebanyakan orang-orang seperti orang tua kita, guru, saudara-saudara dekat, orientasinya masih kepada nilai akhir. Bukan bagaimana proses kita dalam mendalami ilmu nya. Karena, dalam beberapa kasus, kehadiran bisa jadi salah satu acuan nilai akhir mahasiswa loh! Ini nih yang bikin kehadiran-penuh didewakan dan diprioritaskan mahasiswa.

Quote:5. Beli Lebih Banyak, Buat Entar-entar

Spoiler for indoapril:
[CEK GAN!] 5 Mindset yang Tercipta Karena Lingkungan Sekitar
Sumber : nextnature.net


Teruntuk ibu-ibu rumah tangga atau anak kost yang suka belanja bulanan ke supermarket, pasti suka beli sesuatu dalam jumlah yang banyak atau melebihi kebutuhan. Ya gak?. Alasannya sih, biasanya karena dengan beli barang lebih banyak, bisa buat nyetok dan dipakai nanti. Eh, akhir bulan belum sampe, tapi stok udah abis duluan. Pernah ya?. Sadar gak sadar, mindset ketika membeli di supermarket lebih banyak, tercipta karena biasanya suka ada diskon atau bundle pada item tertentu sehingga kalau beli beberapa sekaligus, harganya akan lebih murah. Justru, dengan banyaknya stok di rumah, ketika kita akan pakai, muncul pikiran "pake aja deh, kan stok banyak". Kaya gitu terus sampe ga sadar ternyata stoknya udah kepake semua.


[CEK GAN!] 5 Mindset yang Tercipta Karena Lingkungan Sekitar

Nah, kesimpulannya, pemikiran-pemikiran yang kadang terlewat gitu aja di pikiran kita, bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena lingkungan sekitar. Misalnya, sarapan kudu bubur, makan nasgor kudu malem, bisa tercipta karena emang dari kita kecil dan mungkin udah dari dulu banget, terjadinya kaya gitu. Lalu, pakai helm kalau ke jalan raya aja, dan gak usah ke kelas kalau dosen gak masuk, terpikirkan karena kedua hal ini dilakukan rame-rame. Terakhir, nyetok banyak-banyak ketika beli di supermarket, terjadi karena pihak supermarket ingin merubah habit kita dengan berbagai trik, sehingga bisa menguntungkan mereka. Jadi, mindset kita ini bisa terbentuk karena lingkungan juga ya, GanSis.

Oke deh, segitu aja cuap-cuap dari Ane. Kalau GanSis punya pendapat lain mengenai ini, yuk komen! Jangan lupa dirate, dishare, dan dicendolin juga ya

Ane pamit, semoga thread ane ada manfaatnya. Kuy GanSis!
Buat komen-komen kaskuser tercinta
Bukan cuma mindset kali gan, semua pola prilaku kita sehari-hari jg dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.
Lingkungan pertama adalah keluarga gan, baru kemudian lingkungan-lingkungan yg lain.

Tuh yg gak pake helm otaknya di dengkul..
Klo gak makan nasi namanya belum makan
itu mindset mainstream bre



Quote:Original Posted By irsyad30 ?
Buat komen-komen kaskuser tercinta


Boker klo ga jongkok, gak bisa ngecroot
Duh jadi pengen lontong kari
hmm tiada hari tanpa kejang gan
nga masuk kelas kalau dah telat ane gan
abis makan terus ngerokok juga gan
mindset miskin gann
mantep gan threadnya...

Oom bakal kembali ngebuat thread gan yang lebih menginspirasi...
emang nemer yaah kita pake helm cuman pas ada polisi doang
[CEK GAN!] 5 Mindset yang Tercipta Karena Lingkungan Sekitar

nasgor juga enak buat sarapan
-CLOSED-
Quote:Original Posted By omkrishna ?
mantep gan threadnya...

Oom bakal kembali ngebuat thread gan yang lebih menginspirasi...



[CEK GAN!] 5 Mindset yang Tercipta Karena Lingkungan Sekitar

hai om, apa kabar?
Quote:Original Posted By enjoyrahbani ?
abis makan terus ngerokok juga gan


sambil ngopi dan boker juga gan bisa kalo misalkan ngero walaupun ane udh enggak ngeroko sih
Masupin lagi bray

Pengen boker bray

Kudu ada rokok bray

Lu tau cepolan gw gemane dah

Ah elah
Yg nasgor bner bgt dah
Kopi ndak lengkap tanpa udud
Via: Kaskus.co.id

[CEK GAN!] 5 Mindset yang Tercipta Karena Lingkungan Sekitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar