Thank you KASKUS!
Halo Kaskuspreneur, salam sukses!!
Kali ini gua akan membahas masalah sebagian besar pengusaha online, khususnya skala kecil - menengah.
Quote:
Quote:5 Tips Praktis Biar Jago Membuat Kata - Kata Promosi Dalam Bisnis Online
Quote:Menurut penelitian, perilaku konsumen online dalam menentukan pembelian (dan konversi lainnya), ditentukan oleh hal yang sangat kecil, sepele dan sering diabaikan oleh sebagian besar pengusaha online.
Hal kecil tersebut dinamakan COPYWRITING.
Jadi, apa aja sih teknik copywriting yang perlu lu kuasai biar bisa semakin narik perhatian pelanggan?
Simak 5 tips praktis berikut!
Quote: Fokus dengan kata Ente, Lu, Anda, Situ, Lo, Kamu ...Quote:
Kalau lu mau mendapatkan perhatian dan dianggap penting oleh audience, maka utamakanlah kepentingan audience lu terlebih dulu.
Posisikan audience di (hampir) setiap kata � kata promosi yang lu buat. Bukan tentang �gua, saya, kita, kami� tapi buatlah seolah � olah lu berbicara langsung dengan audience tersebut.
Quote: Hindari kata � kata yang membosankanQuote:
Apa sih biasanya kata � kata yang membosankan itu?
Gratis? Dijamin? Murah? Lengkap? Order sekarang? Pesan sekarang? Diskon? Bonus? Terpercaya? Teruji? Baru? Atau apapun yang udah mainstream dipakai banyak pelaku bisnis lainnya.
Bahkan toko penipu pun sering menggunakan kata � kata tersebut.
Mungkin � beberapa kata tersebut masih termasuk efektif, misalnya gratis. (gak ada yang gak suka gratisan) ??
Tapi akan menjadi lebih baik kalau lu mampu mengubah kata � kata membosankan tersebut, menjadi sesuatu yang �terdengar� baru dan ekslusif. Gak usah nemuin yang benar � benar baru, cuma yang �kedengerannya� aja.
Contohnya kata �baru� yang diganti dengan �fresh from the oven�.
Tips: Penggunaan kata � kata tersebut gak dilarang, yang penting jangan sampai memenuhi seluruh promosi lu.
Quote: Libatkan emosi audienceQuote:
sumber foto
4 emosi yang paling membuat orang melakukan engagement adalah perasaan senang, sedih, takut dan marah.
Tapi emosi yang membuat orang marah itu gak cocok buat lu para pebisnis. Lu gak mau kan brand lu dinilai negatif?
Gua kasih 1 contoh headline promosi yang melibatkan emosi pelanggan.
Misalnya gua jual pakaian Muslim untuk dewasa.
Tujuan gua promosi adalah agar yang baca (anak muda) itu membeli pakaian Muslim yang gua jual, terus mereka kasih kepada orang tuanya.
Headline: Selagi masih ada waktu, ayo bahagiakan orang tua kamu. Mau kan lihat mereka tersenyum?
Disertai foto muka bapak � bapak atau ibu � ibu khas Indonesia yang lagi tersenyum bahagia.
Quote: Selalu jelasin keuntungannya buat audienceQuote:
sumber foto
Audience atau customer itu gak peduli dengan bisnis lu; termasuk fitur, kelebihan dan kehebatannya. Mereka cuma peduli dengan keuntungan mereka sendiri.
Sebelum membuat kata � kata promosi, ada baiknya lu memposisikan diri bukan sebagai penjual, tapi sebagai konsumen.
Lalu jawab pertanyaan sederhana berikut, �APA UNTUNGNYA BUAT SAYA?�.
Quote: Desak audience agar melakukan sesuatu!Quote:
Setelah lu mampu membuat audience sampai berpikir, �Wah gua bakalan untung nih kalau beli produk ini.�.
Maka sekarang saatnya lu merubah pikiran mereka menjadi, �Gila! Gua bakal rugi kalau engga beli produk ini sekarang juga! KeyBCA mana ini gua mau transfer woy!�
Untuk melakukan cara ini, pastikan kalau lu udah mengikuti semua tips yang gua kasih, khususnya memberikan keuntungan langsung kepada audience.
Jadi tugas lu selanjutnya adalah memberikan �urgency� pada kata � kata promosi lu.
Audience yang membaca harus merasakan rugi kalau mereka melewatkan promosi tersebut. Lu bisa membatasi durasi, kuota, stok produk, dll. Atau memberikan nilai tambah.
Contohnya, �Waktu Anda hanya 20 menit dari sekarang untuk mendapatkan BONUS EMAS 5 gram setiap pembelian payung cantik! Hubungi kami sekarang!�
Gak kebalik ya itu promo? That�s compelling offer!
Okey cukup sekian tips copywriting kali ini.
Kalo 5 tips masih kurang, silahkan menuju sumber masih ada belasan tips copywriting lainnya. (Semuanya ada 24 tips!)
Sumber Belajar Bisnis dan Digital Marketing: Digitalinbro.com
Spoiler for TOP COMMENTS:
Quote:Original Posted By psdink?
setuju banget "copywriter". di agensi2 periklanan luar malah ada gaji copywriter lebih gede dari desainer grafis, jadi bisa keliatan dong seberapa pentingnya peran copywriter.
malah di luar ada agensi yg khusus nanganin pembuatan tagline/jargon.
Quote:Original Posted By rahiant14 ?
Salah satu contoh Copywriter yang sukses dibidangnya. Kalimatnya yang sederhana tapi efeknya luar biasa.
setuju banget "copywriter". di agensi2 periklanan luar malah ada gaji copywriter lebih gede dari desainer grafis, jadi bisa keliatan dong seberapa pentingnya peran copywriter.
malah di luar ada agensi yg khusus nanganin pembuatan tagline/jargon.
Quote:Original Posted By rahiant14 ?
Salah satu contoh Copywriter yang sukses dibidangnya. Kalimatnya yang sederhana tapi efeknya luar biasa.
Nais tips bre
bisa dicoba gan tipsnya
Nice info nih bree
adek baca dulu om
bener semua tuh bray
Oke bree
mungkin ini ane berguna untuk ane, ane ga pande ngomong soalnya
Gw gak jago bekata2 bray
Gimane dong bray
Lu tau cepolan gw gemane dah
Ah elah
Gimane dong bray
Lu tau cepolan gw gemane dah
Ah elah
Wah tips menarik nih
Bentar gan, cek lapak dulu
Bentar gan, cek lapak dulu
cocok banget buat ane
Tips yang bermanfaat bre. Pernah juga denger dari seorang temen bahwa untuk membuat kata-kata promosi jangan menunjukkan tentang kelebihan dari produk yang di tawarkan tapi berikanlah informasi mengenai keuntungan yang akan diterima oleh pembeli jika memakai produk yang kita tawarkan.
wokey jg nie tips nye #nais bree
ini nih yg ane butuhin
Quote:Original Posted By mamat.gosrek ?
Gw gak jago bekata2 bray
Gimane dong bray
Lu tau cepolan gw gemane dah
Ah elah
sakit mata gua liat tulisan ditengah
Gw gak jago bekata2 bray
Gimane dong bray
Lu tau cepolan gw gemane dah
Ah elah
sakit mata gua liat tulisan ditengah
Tiap org memiliki bakat jualan nya masing2
ok bre ntar ane praktekin dah.
Mantap patut dicoba
Boleh juga nih tipsnya gan, Ane rate 5 ya gan
ntaran ajaa deh kalo ane udah punya bisnis sendiri
Via: Kaskus.co.id
0 comments:
Posting Komentar