Kamis, 07 Juli 2016

Mari menanam kurma dari biji

MENANAM POHON KURMA DARI BIJI

Quote: NO REPSOL
[img]Mari menanam kurma dari biji[/img]


Quote:ane bikin trit ini udah ane coba dan berhasil gan, barbuk ada dimulustrasi

Sekilas tentang pohon kurma Quote:Kurma , (Arab: ????, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Oke gan langsung aja biar ga cape bacaQuote:persiapan yang dibutuhkan nih gan
1. Biji kurma, ini agan bisa dapet dari bekas kurma yang agan makan pas buka puasa
2. Wadah atau tempat untuk perendaman biji kurma.
3. Air untuk merendam biji kurma
4. wadah kedap udara kek tupp*erware, pake merk biasa juga gapapa, ane malah pake ember kecil trus ane tutup pake plastik atasnya
5. Kapas


Langkah langkah nya gansisQuote:
1. Bersihkan biji kurma yang bekas agan makan sampe bersih, jangan pake sabun atau sikat gan, pake aer biasa aja yang penting bersih sampe gaada daging kurma yg sisa.
2. Masukan air ke wadah yg udah disiapkan, diusahakan air mineral gan.
3. Masukan kurma dan rendam selama 5 hari, ane waktu nyoba lupa berapa hari ngerendemnya
4. Diusahakan air tiap hari diganti gansis
5. Dihari keempat ada yg ngerendemnya pake ZPT (Zat Pengatur Tumbuh Organik), kalo ane gapake gan males beli soalnya.
6. hari keenam pindahin gan sibiji ke wadah kedap udara, tapi sebelumnya agan alasin dulu pake kapas yg udah dibasahin biar lembab, biji taruh diatasnya ya gan.
7. tunggu sampai muncul akar muda nan imut, setelah agak panjang agan bisa pindahin ke polibag, media tanamnya ane pake tanah dicampur bekas serutan kayu dicampur pupuk organik, pupuk bisa dibeli ditempat jual tanaman, ane beli seharga 15rebu sekarung kecil.
8. Untuk perbandingan media tanam ane pake feeling gan yang peting jangan tanah tok.
9. Kalo udah tumbuh daun agan tinggal nikmatin deh hahaha


Bisa berbuah engga gan?Quote:Bisa gan asal ada yang betina, biasanya kl dari biji condongnya jantan makanya engga berbuah. terlepas dari berbuah apa engga yang penting ane nanem buat penghijauan gan, biar ane sampe cucu cucu ane nanti tetep bisa nafas hahahaha

Mulustrasi Gan Quote:
Spoiler for Nih waktu perendaman gan:
Mari menanam kurma dari biji


Spoiler for waktu dikarantina di wadah beralaskan kapas atau tisu:
Mari menanam kurma dari biji


Spoiler for Ini yang udah dipindahkeun ke media tanam:
[img]Mari menanam kurma dari biji[/img]


Spoiler for kurma yg ane tanem udah numbuh gan:
[img]Mari menanam kurma dari biji[/img]



Quote:UPDATE GAN

Quote:PERBEDAAN KURMA JANTAN DAN BETINA

Spoiler for gambar bunga jantan dan betina:
Mari menanam kurma dari biji

Gambar A (kiri) merupakan bungan jantan pohon kurma, sedangkan gambar B (kanan) adalah bungan Betina yang nantinya akan menjadi buah kurma. Pembuahan dengan serbuk sari pada pohon kurma dilakukan secara alami oleh angin tetapi pada perkebunan oasis tradisional dan perkebunan modern, penyerbukan dilakukan secara manual. Penyerbukan alami pada tanaman jantan dan betina, dapat terjadi dengan jumlah yang sama antara kedua tanaman. Namun, bila dilakukan dengan bantuan, satu tanaman jantan bisa menyerbuki hingga 100 tanaman betina. Tanaman jantan yang merupakan sebagai penyerbuk, memungkinkan para petani menggunakan sumber daya mereka untuk memproduksi lebih banyak buah pada tanaman betina.

Beberapa peneliti menuliskan ciri-ciri bentuk tanaman untuk menentukan jenis kelaminnya. Dan beberapa peneliti lain ada yang menggunakan PCR fingerprint untuk menentukannya. Bahkan ada juga penelitian berdasarkan analisis kimianya.

Pengamatan secara morfologi dalam penentuan jenis kelamin kurma telah dilakukan selama bertahun-tahun dan diamati juga untuk beberapa musim yang berbeda-beda. Pengamatan yang sudah pernah dilakukan,dapat diamati dari daun pisau/muda (duri). Pengamatan dilakukan terutama panjang dari daun mudanya dan jumlah per path/dahanya. Disamping panjang daun, kurma jenis laki-laki juga mempunyai duri lebih banyak dan panjang dibandingkan dengan kurma betina, akah tetapi hal ini bukanlah hal yang mutlak suatu perbedaan antara kurma jantan dan kurma betina mengingat pohon kurma memiliki banyak cultivar dengan karakteristik yang berbeda-beda pula.

Peneliti lain juga meneliti jenis kelamin kurma berdasarkan unsur makro yang terkandung dalam daun pohon kurma seperti kandungan nitrogen , phosphor dan potassium. Pohon kurma jantan ternyata mengandung nitrogen, phosphor ataupun potassium yang lebih rendah dibandingkan dengan pohon kurma betina, akan tetapi hal ini juga masih belum 100% dapat menentukan jenis kelamin kurma karena masing-masing cultivar kurma memiliki jumlah unsur makro yang berbeda pula.


Quote:Jadi biar tau mana jantan dan betina itu nunggu berbunga dulu gan, ane juga udah nyoba nanem tapi belumtau betina atau jantan, kenapa kurma di Indonesia engga berbuah karena kebanyakan jantan gan, betina jarang ada



Spoiler for Kurma ane gan, masih bocah nih, mudah mudahan tumbuh subur:
Mari menanam kurma dari biji






Quote:Berbagi itu indah gan, ditunggu yg ijo dikulkas
Sumur:

Spoiler for KOMENG KASKUSER:



Quote:Original Posted By w016s ?
kalo mau modal sedikit mending beli yg bibit unggulan banyak pembudidaya yg menanam gan sampai berbuah lebat. paling juga 100-200rb kita tanam 3-5tahun sudah berbuah lebat
cari aja bibit kurma hybrid KL1


Quote:Original Posted By mbahmomon ?
saiya juga punya tu bray
baru numbuh sekitar 20 cm an
tapi ndak pakek tak rendam2 segala.
cuman bijinya tak tancepin vertikal ke media/ langsung ke tanah
dah numbuh semua tu po'on kurma.


Quote:Original Posted By eri.permadi ?
Kemungkinan bisa berbuahnya kecil.. Kecuali kalau bibitnya hybrida kayak yang dari Thailand.. Hehe.. CMIIW


Quote:Original Posted By transplant44 ?
bokap ane nanem kurma udah 2 tahun ada kayanya tuh pohon umurnya.
ada 4 pohon, tingginya udah semeter
yg 1 dipisah & yg 3 ditumpuk disatu tempat.
eh tau-tau dipohon kurma yf ditumpuk itu ada 1 pohon yg beranak, kaya pohon pisang gitu gan ngeluarin tunas baru.
itu murni dari biji semualoh gan
jadi ga jaminan semuanya jantan itu pohon.
lagian pohon kurma itu kan semuanya dari biji gan, emang ada apa pohon kurma hasil stek, cangkok


sayang ini malem, jadi ga sempet foto barbuk







Quote:Jadi untuk agan yg mau nyari biji betina bisa tuh gan dicari, di fjb ada ga yah? biar berbuah gan ahaha
Kurma bisa tumbuh ditanah
Ane kira dipasir doang
Ane coba ah kali ajah numbuh
sayank ny ane ga punya ladang bray




Salman al-Farisi

Ane ga pnya biji korma gan , pinjem biji ente boleh
Kurma nya udah buah belom gan ?


gitu ya gan tapi sayang gak ada lahannya





Mari menanam kurma dari biji


Ah coba tanam kurma ah...

Nice share bray



Salam NAMUT
(NAga iMUT)




Numpang lapak gansis, trit Gua di SFTH... Gua sih udah setop produksi tapi kalo banyak yang mau lanjut gua bakal lanjut... Di olah TKP dulu atuh gansis

�Mountaineer Undercover� [True story]





Spoiler for For review cerita Mountaineer Undercover:


� Hola gansis gua cuman mau promosiin aja trit gua di �Stories From The Heart�, bagus banget bray. Recommended bangat.
FAQ
K: Mut kalo recommended banget napa tu cerita kagak terkenal?
N: Karena waktu gua post itu gua akui gua alay banget, maklum masih NUBITOL. Setiap ada yang komeng gua minta share rate cendol... Sekarang gua sadar kenapa banyak yang nggk mau nerusin. Ad kok yg bilang juga kalo memank alay banget.

K: oooh, ntar gua olah TKP... Tapi kenapa lu mau promosiin?
N: ya karena gua mau banget share nih cerita
Karena nih cerita mantap banget... Daripada makin lama oh TKP aja sono hus hus hus
See ya there



*manggut-manggut
ok,nanti dicoba
Nyari betinanya gmn tuh gan
Mari menanam kurma dari biji
bagus juga metode tanamnya, untuk saat ini masih suka beli mateng
boleh tuh ane coba
Ga pny halaman
Klo dibonsai aja bisa, gak
ane kemaren nanem dari daunnya
Mari menanam kurma dari biji
nyoba
Emng bisa berbuah gan klo nanem dimari

yah kalo mau berbuah kudu ada yang ceweknya ye gan?
nyari yang ceweknya di indo ada ga gan?
wah ntap nih jd pgn nyoba

GEMBOKED
Via: Kaskus.co.id

Mari menanam kurma dari biji Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar