Minggu, 19 Juni 2016

Detik - Detik Peluncuran Satelit BRI-sat Indonesia Punya Gan

Detik - Detik Peluncuran Satelit BRI-sat "Indonesia Punya Gan"


Quote:Roket Ariane 5 yang membawa satelit BRIsat menanti waktu hitung mundur di titik peluncuran, fasilitas ruang angkasa Arianespace, Kourou, Guyana Perancis

Quote:Peluncuran satelit PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tinggal menghitung jam. Tak lama lagi BRIsat akan mengudara, diluncurkan dari Guiana Space Center, Kourou, French Guiana.

Waktu peluncuran adalah sekitar Pukul 17.00-18.00 waktu setempat, atau sekitar pukul 03.00-04.00 WIB, Sabtu 18 Juni 2016 dini hari.

Posisi Kourou dipilih jadi pusat peluncuran satelit Eropa, karena lokasinya yang dekat dengan garis khatulistiwa. French Guiana yang bertetangga dengan Suriname ini juga memiliki cuaca yang stabil. Sehingga cocok untuk peluncuran roket.

Roket pembawa satelit BRIsat ini dibuat oleh Arianespace, perusahaan pembuat roket asal Prancis. Sementara satelit BRIsat dibuat oleh SSL, perusahaan asal Amerika Serikat (AS). Sudah ada 520 satelit yang diluncurkan oleh Arianespace.



Quote:BRIsat akan menjangkau wilayah layanan Indonesia dan negara-negara ASEAN, Asia Timur, sebagian Pasifik, serta Australia Barat. Satelit ini akan memiliki 36 x 36 MHz transponder C-Band dan 9 x 72 MHz Ku-Band.

Ada 45 transponder yang dimimiliki BRIsat. Dari jumlah itu, 4 transponder akan dialokasikan untuk kepentingan negara.

Peluncuran satelit ini akan menoreh catatan sejarah. Sebab, BRI menjadi bank pertama di dunia yang memiliki satelit sendiri.



Quote:BRIsat merupakan satelit kelima dari Indonesia yang diluncurkan Arianespace, dan merupakan satelit pertama milik bank yang diluncurkan perusahaan ini.

Nama roket peluncur ada Ariane 5 yang dirakit di Guiana Space Center. Tipe roket ini bisa mengangkut 2 satelit. Selain BRIsat, satelit ini juga mengangkut satelit ECHOSTAR XVIII.





Quote:sejumlah awak media berkesempatan melihat tempat perakitan satelit hingga ruang kontrol peluncuran, pada Jumat (17/6/2016) waktu Kourou.

Fasilitas Guiana Space Center ini sangat luas. Sepanjang mata memandang, terlihat hutan luas, dan sejumlah fasilitas perakitan. Penjagaan sangat ketat oleh sejumlah tentara bersenjata lengkap. Ada sekitar 1.700 pekerja di sektor antariksa yang bekerja di Guyana ini.

Berat satelit BRIsat ini mencapai 1.872 kg, dan setelah diisi bahan bakar beratnya menjadi 3.540 kg.



Quote:Waktu peluncuran bakal memakan waktu sekitar 56 menit. Tujuh menit sebelum peluncuran, hitungan mundur akan secara otomatis dilakukan oleh komputer di roket yang akan bekerja.

Satelit akan membutuhkan waktu 10 hari untuk mencapai orbit di 150,5 derajat bujur timur. Titik orbit ini sebelumnya digunakan oleh PT Indosat Tbk (ISAT).

BRI akan menjadi bank pertama di dunia yang memiliki satelit sendiri. Momen ini menjadi momen bersejarah bagi perbankan Indonesia.

Quote:Sumber 1
Sumber 2

Quote:UPDATE

Quote:Peluncuran Satelit BRI Ditunda Satu Hari

Faktor cuaca membuat Arianespace menunda peluncuran
Peluncuran satelit PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), atau BRIsat di Kourou, French Guiana, Amerika Selatan, mengalami penundaan. Hal ini terjadi karena pertimbangan faktor cuaca.

Pihak Arianespace secara resmi menyatakan peluncuran akan ditunda hingga besok, Minggu, 19 Juni 2016. Ini menjadi penundaan ketiga yang dilakukan pihak Arianespace terhadap satelit BRIsat. Rencana awal peluncuran pada 8 Juni 2016 ditunda menjadi 16 Juni 2016 karena ada masalah teknis. Kemudian ditunda lagi ke 18 Juni 2016.

Awalnya, Ariane 5 mestinya diluncurkan pukul 17.30 waktu setempat, tapi Arianespace menyatakan untuk menunda peluncuran selama satu jam. Namun, akibat perkembangan cuaca tak kunjung membaik, diputuskan peluncuran ditunda selama satu hari.

Menurut pakar satelit Widodo Mardijono, peluncuran satelit memang sangat sensitif karena memerlukan banyak pertimbangan. Hal ini menyangkut teknis satelit, proses peluncuran dan kondisi lingkungan.

"Ada tiga faktor, satelit, launcher dan environment, kebetulan informasinya lingkungan. Kelihatannya tidak ada apa-apa, cuaca cerah, panas, tapi anginnya kuat. Kelihatannya arena faktor angin, itu ada parameter tertentu yang tidak boleh melewati batas," jelasnya dalam perbincangan dengan tvOne, Sabtu, 18 Juni 2016.


Sumber : kaskus.co.id

Detik - Detik Peluncuran Satelit BRI-sat Indonesia Punya Gan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar