Bank Itu Harusnya Keren Kek Gini
( Biar Menarik Minat Anak Muda Untuk Menabung )
[ HT# 026 ]
" Rajin pangkal pandai, Hemat pangkal kaya ", adalah jargon yang udah lama hadir dan di dengungkan sejak kita kecil. Hemat menurut kita, yang sekarang udah pada gede rasanya sulit yah untuk melakukan penghematan. Gimana gak, anak muda jaman sekarangkan cenderung konsumtif dan galautis makanya susah untuk diajak berhemat. Nah man-temans, gan and sista, ISKRIM kali ini mau bahas persoalan anak muda dengan perbankan, terutama urusan nabung - menabung.
Anak muda kekinian kalau ane amati sepertinya emang alergi dan jauh dari yang namanya urusan
menabung, yah gak semua sih tapi paling nggak rata-rata anak muda tuh paling males nabung apalagi harus pergi ke bank. Dari beberapa pengamatan yang ane lakukan, sepertinya emang ada 'gap' antara bank dan anak muda. Sebenernya bank-bank sendiri udah mengeluarkan jenis tabungan untuk anak muda tapi ane rasa belumlah benar-benar fokus dan maksimal mengelolanya. Ini adalah ceruk pasar yang suangat besar! Lalu gimana sih biar bank bisa dijadikan 'trend' anak muda dan menabung bisa menjadi 'bagian dari gaya hidupnya' anak muda? Oke dah, ini saran-saran dari ane agar bank bisa lebih diterima oleh anak muda kekinian. Di mulai dari proses kita mau masuk ke bank yah....Check in show...!
POINT 1
Gedung
Anak muda tuh udah males kalau namanya menabung, apalagi harus pergi 'hanya' untuk menabung,
keknya gak ada gregetnya. Berangkat ke banknya aja udah males, apalagi masuk ke gedungnya. Coba ente liat, bangunan gedung bank selalu terlihat formal dan sangat kaku. Seandainya bangunan bank itu dibuat dengan arsitek style nya anak muda, dengan warna-warna yang cerah dan interior yang minimalis, ada permainan, hiburan, musik, free wifi, ane rasa akan membuat anak muda semangat untuk pergi ke bank. Bank juga harus berada di lokasi biasa anak muda berada, seperti di mall dan arena hiburan
POINT 2
Fashionable
Coba aja kita perhatikan kostum-kostum pegawai bank.
Mulai dari security, mbak-mbaknya, sampai level teratas. Semua berpakaian formil bin formal. Udah gak jaman! Please deeh..! Supaya berkesan 'user friendly' dan lebih dekat dengan dunia anak muda kekinian, sebaiknya kostum pegawai bank anak muda dibuat lebih santai, out of the box, kalau perlu pakai kaos tanktop, bercelana pendek dan rok span pendek. Dan lebih keren lagi kalau jenis pakaiannya bisa 'glow in the dark'
POINT 3
Ruang Tunggu
Ruang tunggu di bank sudah jadi pemandangan umum dan sangat membosankan.
Suasana tunggu di bank terkenal paling bikin bete, apalagi kalau bank itu terkenal, antrian bisa mengular kek antrian sembako atau tiket lebaran. Saatnya bank mengubah tempat antrian seperti halnya ruang tunggu di kafe-kafe atau minimal nasabah dilayani dengan fasilitas yang menghibur dan bisa santai-santai. Ingat, nasabah adalah pemilik uang yang akan menyetornya ke bank, bank terima gaji dari nasabah, jadi nasabah harus di service dengan baik. Menunggu adalah hal yang membosankan, apalagi buat anak muda kekinian yang rata-rata maunya cepat dan gak sabaran
POINT 4
Meja Teller dan Customer Service
Biasanya kita berhadapan dengan teller selalu berdiri, suasana kaku, hening kek nunggu ajal tiba , begitu juga ketika nasabah berhadapan dengan customer service selalu berhadapan dengan dokumen - dokumen yang bikin bete, nah supaya lebih 'nge-blend' ada baiknya disertai musik yang bisa kita pilih di layar sentuh di sebelah kita, form lembaran dokumen digantikan dengan tablet atau macam virtual. Menurut ane, disini adalah 'point interest utama' antara nasabah dengan pihak bank. Gaya bicara teller juga harus keren dan gaul tapi tetap ramah, sopan dan teliti. Apalagi dengan senyum manis sang teller yang begitu menggoda, pokoknya nasabah 'harus dibuat betah' dan selalu terkesan di point ini. "Wew.., tellernya cantik bingits, senyumnya gak nahan, besok gwe dateng lagi dah buat dapetin nocannya..."
POINT 5
Registrasi Yang Mudah
Nasabah baru kadangkala dipusingkan dengan berbagai lembar form yang harus diisi dan harus ditandatangani beberapa kali, bikin bete super bete, dan sangat membuang waktu. Saatnya form dibuat lebih simple dan praktis, dan tampilan layout form harus dibuat lebih 'fresh' kalau perlu dengan warnawarni dan font yang keren kek halaman website
POINT 6
Fasilitas
Namanya aja anak muda. Fasilitas kekinian juga harus di miliki oleh bank-bank ini. Fitur android, ios dengan berbagai menu e-bankin yang lengkap dan gak pernah eror sekalipun, menu-menu dan layout software yang menarik akan membuat anak muda betah berlama-lama menggunakan fasilitas e-bankin. Website dibuat harus keren gayanya anak muda, kalau perlu bangun komunitas sosial media online khusus nasabah biar terbangun kesatuan yang erat antara bank dan nasabah
POINT 7
Mesin Anjungan Tunai Mandiri
Coba perhatikan bentuk atm, kaku seperti batu menhir yang udah berumur ratusan tahun!
Seandainya mesin atm itu bentuknya gak kotak, tapi bundar, segitiga atau lonjong , pasti akan lebih menarik minat anak muda. Apalagi kalau tampilan layarnya dibuat 'syur' dan suara mesin atmnya juga mendesah menggoda, pasti akan bikin betah anak muda kekinian
POINT 8
Biaya
Persoalan keamanan dan biaya yang dibebankan dari bank ke nasabah menjadi hal yang sangat sensitif dan mutlak. Kemanan adalah tanggung jawab pihak bank, dan harus ditingkatkan terus. Soal biaya urusannya 'wajib' lebih murah dibanding bank pada umumnya, namanya juga bank untuk anak muda kekinian, kalau perlu 'gratis' tanpa pungutan bea tarik tunai atau transfer antar bank, dlln. Maklum anak muda kan nggak selalu pegang uang banyak, kecuali TS
POINT 9
Hadiah
Siapa seh yang nggak suka hadiah? Apalagi kek kita-kita anak muda kekinian. Pemberian hadiah sekarang polanya kudu diubah, kalau dulu menganut point, atau embel-embel ini itu, ribet, sekarang langsung aja cash setelah mendapat nomor pin melalui gadget nasabah, bisa ditukar langsung saat itu juga. Paling sederhana misalkan; contoh, dapet pulsa 25.000 tiap menabung 10.000 terisi saat itu juga begitu teller memencet Enter pada keyboard. Dan hadiahnya gak perlu muluk, yang penting ikut trend dan berguna buat anak muda kekinian
Nah gimana man-temans, gan and sista, itulah beberapa point yang ada dalam fikiran ane,
guna merubah paradigma agar anak muda makin tertarik dan menabung bisa menjadi gaya hidup mereka. Ane rasa point-point diatas cukup sebagai masukan. Kurang dan salah mohon koreksian, ts hanya mengamati apa yang sepertinya menjadi 'gap' antara bank dan nasabah khususnya menyasar anak-anak muda Indonesia. Terimakasih .SALAM ISKRIM
ide: pengamatan dan pemikiran sendiri | tukang gambar: oom gugel
Bank Itu Harusnya Keren Kek Gini (Biar Menarik Minat Anak Muda Untuk Menabung)
Kenapa Cakram Motor Depan Ada Kanan dan Kiri, Kenali Juga Jenisnya Disini
Menjelang Lebaran Haji, Jangan Salah Beli, Ini Perbedaan Kambing dan Domba
Apa Bedanya Lingkaran, Bulat, dan Bundar? Ini Penjelasannya
Tempat Dimana Kita Kadang Sering Ditipu, Waspadalah!
Keponya Ketika Biker Baru Beralih Ke Mobil, Dulu Ente Yang Mana?
T-Shirt Band - Band Rock Legend Dunia Yang Masih Tetap Keren Dipakai Hingga Kini
Jahilnya Saudara Kandung Sewaktu Kecil, Masih Ingat Gak Yang Mana?
Fakta Fitnah Lebih Kocak Daripada Pembohongan!
Makna Dan Arti Merah dan Putih Bendera Di Beberapa Negara
Candaan Pembeli dan Pedagang Yang Biasanya Bikin Kangen
Diskon, Diskon, Diskon! Awas Jebmen Diskon!
Medrep, Profesi Penawar Obat Yang Bikin Harap-Harap Cemas Pasien?
Gregetnya Anak Graphic Designer Era 90-an
'Kegatelan' Yang Sulit Dihilangkan Segera, Ente Alamin Yang Mana?
Beginikah Reaksi Ente Kalo Ketemu Orang Yang Mirip?
Keberadaan Benda Ini Sangat Penting, Tapi Mulai Dilupakan Orang Rumah
Pernah Denger Penyakit Laringitis? Kenali Sebab, Gejala, dan Solusinya!
Fenomena Harga Bandrol yang Ganjil, Perlukah YLKI Terlibat?
Ketemu Teman Lama Jadinya Nggak Asik Karena Sebab Ini
Kumpulan Kata Ucapan Tentang Selamat Berpuasa dari Bebagai Dunia
Bisnis Musiman, Jasa Penukaran Uang Menjelang Lebaran, Legalkah?
Lucunya, Saat Puasa di Minggu Pertama (Ente yang mana Gan?)
Siapa Bilang Lagu Anak Indonesia Mati Suri? Cek dimari...
Tips Pedekate Jaman Babe Kita Dahulu Kala (Kembali di Masa Silam) Tetep Greget
next.
( Biar Menarik Minat Anak Muda Untuk Menabung )
[ HT# 026 ]
" Rajin pangkal pandai, Hemat pangkal kaya ", adalah jargon yang udah lama hadir dan di dengungkan sejak kita kecil. Hemat menurut kita, yang sekarang udah pada gede rasanya sulit yah untuk melakukan penghematan. Gimana gak, anak muda jaman sekarangkan cenderung konsumtif dan galautis makanya susah untuk diajak berhemat. Nah man-temans, gan and sista, ISKRIM kali ini mau bahas persoalan anak muda dengan perbankan, terutama urusan nabung - menabung.
Anak muda kekinian kalau ane amati sepertinya emang alergi dan jauh dari yang namanya urusan
menabung, yah gak semua sih tapi paling nggak rata-rata anak muda tuh paling males nabung apalagi harus pergi ke bank. Dari beberapa pengamatan yang ane lakukan, sepertinya emang ada 'gap' antara bank dan anak muda. Sebenernya bank-bank sendiri udah mengeluarkan jenis tabungan untuk anak muda tapi ane rasa belumlah benar-benar fokus dan maksimal mengelolanya. Ini adalah ceruk pasar yang suangat besar! Lalu gimana sih biar bank bisa dijadikan 'trend' anak muda dan menabung bisa menjadi 'bagian dari gaya hidupnya' anak muda? Oke dah, ini saran-saran dari ane agar bank bisa lebih diterima oleh anak muda kekinian. Di mulai dari proses kita mau masuk ke bank yah....Check in show...!
POINT 1
Spoiler for :
Gedung
Anak muda tuh udah males kalau namanya menabung, apalagi harus pergi 'hanya' untuk menabung,
keknya gak ada gregetnya. Berangkat ke banknya aja udah males, apalagi masuk ke gedungnya. Coba ente liat, bangunan gedung bank selalu terlihat formal dan sangat kaku. Seandainya bangunan bank itu dibuat dengan arsitek style nya anak muda, dengan warna-warna yang cerah dan interior yang minimalis, ada permainan, hiburan, musik, free wifi, ane rasa akan membuat anak muda semangat untuk pergi ke bank. Bank juga harus berada di lokasi biasa anak muda berada, seperti di mall dan arena hiburan
POINT 2
Spoiler for :
Fashionable
Coba aja kita perhatikan kostum-kostum pegawai bank.
Mulai dari security, mbak-mbaknya, sampai level teratas. Semua berpakaian formil bin formal. Udah gak jaman! Please deeh..! Supaya berkesan 'user friendly' dan lebih dekat dengan dunia anak muda kekinian, sebaiknya kostum pegawai bank anak muda dibuat lebih santai, out of the box, kalau perlu pakai kaos tanktop, bercelana pendek dan rok span pendek. Dan lebih keren lagi kalau jenis pakaiannya bisa 'glow in the dark'
POINT 3
Spoiler for :
Ruang Tunggu
Ruang tunggu di bank sudah jadi pemandangan umum dan sangat membosankan.
Suasana tunggu di bank terkenal paling bikin bete, apalagi kalau bank itu terkenal, antrian bisa mengular kek antrian sembako atau tiket lebaran. Saatnya bank mengubah tempat antrian seperti halnya ruang tunggu di kafe-kafe atau minimal nasabah dilayani dengan fasilitas yang menghibur dan bisa santai-santai. Ingat, nasabah adalah pemilik uang yang akan menyetornya ke bank, bank terima gaji dari nasabah, jadi nasabah harus di service dengan baik. Menunggu adalah hal yang membosankan, apalagi buat anak muda kekinian yang rata-rata maunya cepat dan gak sabaran
POINT 4
Spoiler for :
Meja Teller dan Customer Service
Biasanya kita berhadapan dengan teller selalu berdiri, suasana kaku, hening kek nunggu ajal tiba , begitu juga ketika nasabah berhadapan dengan customer service selalu berhadapan dengan dokumen - dokumen yang bikin bete, nah supaya lebih 'nge-blend' ada baiknya disertai musik yang bisa kita pilih di layar sentuh di sebelah kita, form lembaran dokumen digantikan dengan tablet atau macam virtual. Menurut ane, disini adalah 'point interest utama' antara nasabah dengan pihak bank. Gaya bicara teller juga harus keren dan gaul tapi tetap ramah, sopan dan teliti. Apalagi dengan senyum manis sang teller yang begitu menggoda, pokoknya nasabah 'harus dibuat betah' dan selalu terkesan di point ini. "Wew.., tellernya cantik bingits, senyumnya gak nahan, besok gwe dateng lagi dah buat dapetin nocannya..."
POINT 5
Spoiler for :
Registrasi Yang Mudah
Nasabah baru kadangkala dipusingkan dengan berbagai lembar form yang harus diisi dan harus ditandatangani beberapa kali, bikin bete super bete, dan sangat membuang waktu. Saatnya form dibuat lebih simple dan praktis, dan tampilan layout form harus dibuat lebih 'fresh' kalau perlu dengan warnawarni dan font yang keren kek halaman website
POINT 6
Spoiler for :
Fasilitas
Namanya aja anak muda. Fasilitas kekinian juga harus di miliki oleh bank-bank ini. Fitur android, ios dengan berbagai menu e-bankin yang lengkap dan gak pernah eror sekalipun, menu-menu dan layout software yang menarik akan membuat anak muda betah berlama-lama menggunakan fasilitas e-bankin. Website dibuat harus keren gayanya anak muda, kalau perlu bangun komunitas sosial media online khusus nasabah biar terbangun kesatuan yang erat antara bank dan nasabah
POINT 7
Spoiler for :
Mesin Anjungan Tunai Mandiri
Coba perhatikan bentuk atm, kaku seperti batu menhir yang udah berumur ratusan tahun!
Seandainya mesin atm itu bentuknya gak kotak, tapi bundar, segitiga atau lonjong , pasti akan lebih menarik minat anak muda. Apalagi kalau tampilan layarnya dibuat 'syur' dan suara mesin atmnya juga mendesah menggoda, pasti akan bikin betah anak muda kekinian
POINT 8
Spoiler for :
Biaya
Persoalan keamanan dan biaya yang dibebankan dari bank ke nasabah menjadi hal yang sangat sensitif dan mutlak. Kemanan adalah tanggung jawab pihak bank, dan harus ditingkatkan terus. Soal biaya urusannya 'wajib' lebih murah dibanding bank pada umumnya, namanya juga bank untuk anak muda kekinian, kalau perlu 'gratis' tanpa pungutan bea tarik tunai atau transfer antar bank, dlln. Maklum anak muda kan nggak selalu pegang uang banyak, kecuali TS
POINT 9
Spoiler for :
Hadiah
Siapa seh yang nggak suka hadiah? Apalagi kek kita-kita anak muda kekinian. Pemberian hadiah sekarang polanya kudu diubah, kalau dulu menganut point, atau embel-embel ini itu, ribet, sekarang langsung aja cash setelah mendapat nomor pin melalui gadget nasabah, bisa ditukar langsung saat itu juga. Paling sederhana misalkan; contoh, dapet pulsa 25.000 tiap menabung 10.000 terisi saat itu juga begitu teller memencet Enter pada keyboard. Dan hadiahnya gak perlu muluk, yang penting ikut trend dan berguna buat anak muda kekinian
Nah gimana man-temans, gan and sista, itulah beberapa point yang ada dalam fikiran ane,
guna merubah paradigma agar anak muda makin tertarik dan menabung bisa menjadi gaya hidup mereka. Ane rasa point-point diatas cukup sebagai masukan. Kurang dan salah mohon koreksian, ts hanya mengamati apa yang sepertinya menjadi 'gap' antara bank dan nasabah khususnya menyasar anak-anak muda Indonesia. Terimakasih .SALAM ISKRIM
ide: pengamatan dan pemikiran sendiri | tukang gambar: oom gugel
Bank Itu Harusnya Keren Kek Gini (Biar Menarik Minat Anak Muda Untuk Menabung)
Kenapa Cakram Motor Depan Ada Kanan dan Kiri, Kenali Juga Jenisnya Disini
Menjelang Lebaran Haji, Jangan Salah Beli, Ini Perbedaan Kambing dan Domba
Apa Bedanya Lingkaran, Bulat, dan Bundar? Ini Penjelasannya
Tempat Dimana Kita Kadang Sering Ditipu, Waspadalah!
Keponya Ketika Biker Baru Beralih Ke Mobil, Dulu Ente Yang Mana?
T-Shirt Band - Band Rock Legend Dunia Yang Masih Tetap Keren Dipakai Hingga Kini
Jahilnya Saudara Kandung Sewaktu Kecil, Masih Ingat Gak Yang Mana?
Fakta Fitnah Lebih Kocak Daripada Pembohongan!
Makna Dan Arti Merah dan Putih Bendera Di Beberapa Negara
Candaan Pembeli dan Pedagang Yang Biasanya Bikin Kangen
Diskon, Diskon, Diskon! Awas Jebmen Diskon!
Medrep, Profesi Penawar Obat Yang Bikin Harap-Harap Cemas Pasien?
Gregetnya Anak Graphic Designer Era 90-an
'Kegatelan' Yang Sulit Dihilangkan Segera, Ente Alamin Yang Mana?
Beginikah Reaksi Ente Kalo Ketemu Orang Yang Mirip?
Keberadaan Benda Ini Sangat Penting, Tapi Mulai Dilupakan Orang Rumah
Pernah Denger Penyakit Laringitis? Kenali Sebab, Gejala, dan Solusinya!
Fenomena Harga Bandrol yang Ganjil, Perlukah YLKI Terlibat?
Ketemu Teman Lama Jadinya Nggak Asik Karena Sebab Ini
Kumpulan Kata Ucapan Tentang Selamat Berpuasa dari Bebagai Dunia
Bisnis Musiman, Jasa Penukaran Uang Menjelang Lebaran, Legalkah?
Lucunya, Saat Puasa di Minggu Pertama (Ente yang mana Gan?)
Siapa Bilang Lagu Anak Indonesia Mati Suri? Cek dimari...
Tips Pedekate Jaman Babe Kita Dahulu Kala (Kembali di Masa Silam) Tetep Greget
next.
guk guk
KOMENTAR TAPS KASKUSER
Quote:Original Posted By creeboos ?
bener gan, skrg malah kebalikannya. mau nabung aja dipersulit. hrs bikin surat pengakuan bahwa blm punya NPWP riber eang sistim skrg.
Quote:Original Posted By imoginary ?
Sebenernya kalau yg dresscode lebih casual udh diterapkan kali gan. Tapi tiap weekend banking doang.
Kalau hadiah emang beberapa nasabah "besar" akan dpt hadiah entah itu gift voucher, kue, atau gift barang lainnya tapi di lihat dari jumlah dana yg "mengendap" di bank tsb ada berapa dan brp lama, bank juga ga mau rugi gan
Kalau masalah bangunan dan layanan sih kayaknya bsa2 aja d rubah. Tapi mengurangi kesan professional dan formal bank tsb. Karena bank juga lebih mengutamakan org2 yg "berduit" jadi ya standar nya gt gan.
Jadi harus ada yg menggebrak sih dr ke "kakuan" bank dan masi tetep bsa pro dan ngasi rasa aman buat si nasabah
Quote:Original Posted By Khaners ?
bener bener ide cemerlang om...
skalian ada fasilitas SPA nya dah
Quote:Original Posted By creeboos ?
... Bank Capek Antri ...
Quote:Original Posted By zizik ?
hadiah cuman bwt nasabah yg kaya yg nabung juta2an
update terussss...
Quote:Original Posted By creeboos ?
bener gan, skrg malah kebalikannya. mau nabung aja dipersulit. hrs bikin surat pengakuan bahwa blm punya NPWP riber eang sistim skrg.
Quote:Original Posted By imoginary ?
Sebenernya kalau yg dresscode lebih casual udh diterapkan kali gan. Tapi tiap weekend banking doang.
Kalau hadiah emang beberapa nasabah "besar" akan dpt hadiah entah itu gift voucher, kue, atau gift barang lainnya tapi di lihat dari jumlah dana yg "mengendap" di bank tsb ada berapa dan brp lama, bank juga ga mau rugi gan
Kalau masalah bangunan dan layanan sih kayaknya bsa2 aja d rubah. Tapi mengurangi kesan professional dan formal bank tsb. Karena bank juga lebih mengutamakan org2 yg "berduit" jadi ya standar nya gt gan.
Jadi harus ada yg menggebrak sih dr ke "kakuan" bank dan masi tetep bsa pro dan ngasi rasa aman buat si nasabah
Quote:Original Posted By Khaners ?
bener bener ide cemerlang om...
skalian ada fasilitas SPA nya dah
Quote:Original Posted By creeboos ?
... Bank Capek Antri ...
Quote:Original Posted By zizik ?
hadiah cuman bwt nasabah yg kaya yg nabung juta2an
update terussss...
Iya betul gan gimana gan
Atas ane saldo nya kere
Anjrit dikasih nenen
Super sekali
Super sekali
masalahnya duwitnya yg mau buat ditabung nggak ada
lha minus terus tiap bulan
lha minus terus tiap bulan
waow kalau kek gitu ane akan nabung tiap hari bray
dateng ke bank buat setor 50 rb setiap hari bray kalo kek gitu
milf banget breee..
Point 4 tu bener, Meja Teller dan Customer Servisnya harus ntap leh uga..
Tp yg penting murah senyum dan manis sudah cukup betah kok gan di bank..
Tp yg penting murah senyum dan manis sudah cukup betah kok gan di bank..
setoran goceng deh tiap hari kalo bank dirombak kek gitu mah
Masalahnya gan, pangsa pasar dari bank tersebut kebanyakan juga bukan anak muda. Buat apa mengeluarkan biaya operasional yang tinggi untuk menarik minat anak muda buat nabung, tapi pendapatan yang diterima tidak sesuai dengan pengeluaran. Menarik minat orang nabung ya caranya naikin suku bunga tabungan, klo bisa bunga deposito jng dikenain pajak.
Elu udah ndak mau bikin trit metal lagi krim
Pasti menarik tuh
ane setor dah tiap hari kalo gini
Quote:Original Posted By semprot.crooot ?
masalahnya duwitnya yg mau buat ditabung nggak ada
lha minus terus tiap bulan
laaah itu diselipan masih ada tuh...
masalahnya duwitnya yg mau buat ditabung nggak ada
lha minus terus tiap bulan
laaah itu diselipan masih ada tuh...
Quote:Original Posted By momodjahat69 ?
Woi krim ajarin pake sotosof dong
bukan pake sotosop gan, ini boleh nemu
Woi krim ajarin pake sotosof dong
bukan pake sotosop gan, ini boleh nemu
Point 4 yg plg penting
Via: Kaskus.co.id
0 comments:
Posting Komentar