Sabtu, 20 Agustus 2016

Para Sutradara Legendaris Hollywood

MOVIE DIRECTOR
Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Selamat datang lagi di thread ane! Setelah banyak membahas tentang film di thread-thread sebelumnya, kali ini gw akan menggali lebih jauh ke para sosok di belakang layar yang menjadi tulang punggung bagi kesuksesan film-film legendaris sepanjang masa. Yap, the head project a.k.a Director.

Seperti biasa, thread ini adalah hasil penulisan sendiri yang berbasis referensi dari berbagai macam sumber yang juga TS kumpulkan sendiri.
Semoga enjoy!



Para Sutradara Legendaris Hollywood

Film Director, atau sutradara film adalah seseorang yang bertugas untuk mengarahkan proses pembuatan sebuah film dari awal hingga akhir. Secara umum, seorang director mengontrol aspek artistik dan dramatik, serta membawa visinya untuk mengubah sebuah skrip tertulis menjadi sebuah gambar bergerak sembari memandu kru teknis dan aktor untuk masing-masing menjalankan tugasnya sesuai kebutuhan sang sutradara.
(Sumber: Wikipedia)


Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Seorang director juga HARUS memiliki pemahaman yang mendalam tentang screenwriting, editing, acting, blocking, protokol standar untuk meng-hire seorang aktor dan hal-hal teknis lain seperti scoring dan sound editing. Tidaklah mengherankan jika perlu pengalaman dan pendidikan formal khusus untuk menempa seseorang menjadi director yang handal, karena variabel yang diperlukan untuk membuat seseorang menjadi sutradara sangatlah banyak dan kompleks.

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Dan itulah sekilas mengenai definisi seorang director, sekarang mari kita masuk ke topik utama sesuai judul thread

Quote:Nama-nama dibawah ini adalah para director yang TS kumpulkan dan kombinasikan TIDAK HANYA sebatas karena kualitas, popularitas dan kesuksesan finansial dari film yang pernah mereka buat, tapi juga mempertimbangkan kredibilitas masing-masing nama dari academy awards, reputasi, pengalaman dan accomplishment selain sebagai sutradara (screenwriter, producer, actor)


1.) MARTIN SCORSESE

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Martin Scorsese adalah sosok yang menginspirasi ane untuk membuat thread ini. Sutradara yang lahir pada tanggal 17 November 1942 ini telah malang melintang selama lebih dari 50 tahun dan telah menghasilkan berbagai film box office yang sukses baik secara finansial maupun rating. Raging Bull (1980), Goodfellas (1990), The Departed (2006) dan The Wolf Of Wall Street (2013) adalah sebagian dari deretan film nya yang remarkable. Total 80 academy award nominee mulai dari best director, best picture hingga best actor and actress in leading role dari semua film karyanya semenjak Alice Doesn't Live Here Anymore (1974) yang berujung 20 trofi academy awards layak menempatkan Martin Scorsese sebagai salah satu sutradara terbaik sepanjang masa.

2.) FRANCIS FORD COPPOLA

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Francis Ford Coppola adalah seorang screenwriter, director dan producer yang menjadi salah satu figure sentral bagi era New Hollywood. Film The Godfather part II yang merupakan salah satu film Amerika terbaik sepanjang sejarah membawa pulang 3 academy awards untuk best director, best adapted screenplay dan best picture yang menandai pertama kalinya film sekuel memenangkan Oscar sebagai film terbaik. Era 1970-an merupakan masa keemasan Francis Ford Coppola dimana di decade tersebut ia menjadi salah seorang yang mengubah wajah perfilman Hollywood dan menginspirasi industri perfilman secara keseluruhan ever since.


3.) STEVEN SPIELBERG

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Mustahil kalo gak masukin nama Steven Spielberg di list manapun, karena selain merupakan sutradara film paling terkenal, Steven Spielberg juga merupakan pioneer bagi New Hollywood Era. Dia juga merupakan salah satu co-founder di DreamWorks Studios. Karya-karyanya seolah abadi dan ada di tiap dekade mulai dari JAWS untuk 70-an, E.T. untuk 80-an dan Jurassic Park untuk 90-an. Film Schindler's List (1993) menjadi salah satu film dengan rating tertinggi di IMDB. Memenangi 2 Oscar sebagai Best Director, gak heran kalo Spielberg sangat dihormati oleh para aktor dan sutradara lain di Hollywood.

4.) CLINT EASTWOOD

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Masih segar bugar dan produktif di usia 86 tahun, Clint Eastwood adalah wajah dunia perfilman Amerika. Tidak hanya sebagai director, producer namun sebagai actor, screenwriter, musician dan bahkan figur politik, Clint Eastwood adalah semuanya. Membawa pulang academy awards untuk film Unforgiven (1992) sebagai best director, Eastwood juga menjadi sutradara untuk film Million Dollar Baby yang merupakan best picture untuk Oscar 2005. Selain itu, film-film yang tidak dia bintangi sebagai aktor namun hanya murni sebagai sutradara pun mendulang sukses yang bukan main-main. Mystic River (2003), Letter From Iwo Jima (2006) atau American Sniper (2014) menandai karir panjangnya di Hollywood.

5.) JAMES CAMERON

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:James Cameron yang kelahiran Kanada, 16 Agustus 1954 selain seorang director, producer, screenwriter juga merupakan seorang engineer, philanthropist dan deep sea explorer. Titanic (1997) mungkin menjadi film James Cameron paling terkenal sepanjang masa dan posisi tersebut gak mungkin bisa digeser dengan mudah oleh film-film lainnya. James Cameron sendiri terkenal sebagai salah seorang sutradara yang perfeksionis yang gak ragu-ragu mengambil resiko demi terambil nya shot yang bagus. Dan, seperti sewajarnya, James Cameron mungkin salah satu director paling jenius di Hollywood.

6.) GEORGE LUCAS

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Saat ini nama franchise STAR WARS telah sedemikian mendunia sehingga hampir gak ada pecinta film yang gak tau. Franchise yang dimulai sejak tahun 1977 ini merupakan karya dari George Lucas. Dia juga merupakan founder dari Lucasfilm dan Industrial Light & Magic dan menjabat sebagai CEO sebelum menjual lucasfilm ke Walt Disney Company. Dengan Star Wars, George Lucas telah menginspirasi dunia perfilman terutama untuk genre science fiction. Selain Star Wars, Lucas juga membuat franchise Indiana Jones.

7.) QUENTIN TARANTINO

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Salah satu nama lain yang menginspirasi gw membuat thread ini. Quentin Tarantino merupakan salah seorang director yang mempunya tone khas di setiap filmnya. Kalau belum nonton, coba agan tonton Pulp Fiction (1994), Inglorious Basterds (2009), Django Unchained (2012) dan The Hateful Eight (2015). Disitu akan terasa kental banget "tarantino universe" nya yang non-linear storyline, violence dan referensi ke popular culture. Masih tergolong "muda" diantara nama-nama lain di list ini (53 tahun), tentunya kita masih bisa berekspektasi akan banyak lagi film berkualitas yang dibuat oleh Quentin di masa depan.

8.) RIDLEY SCOTT

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Film bertemakan luar angkasa dan alien gak akan sama kalau bukan karena Ridley Scott. Englishman berumur 79 tahun ini masih eksis dan akan selalu dikenang oleh karyanya dalam rentetan film Alien yang dimulai sejak tahun 1979. Film Prometheus (2012) yang saat ini sedang memasuki tahap produksi untuk sekuel nya yang akan menjadi trilogi dipastikan akan menjadi prequel dari franchise Alien, dengan kata lain, nyambung. Franchise Prometheus akan menjadi latarbelakang cerita di timeline yang terjadi sebelum dimulainya Alien (1979). Ridley Scott menjadi sosok penting bagi genre science fiction dan menjadi kiblat film-film bertemakan luar angkasa. Kalau belum nonton film terakhirnya, silahkan ditonton The Martian (2015) yang masuk nominasi academy awards di banyak kategori.

9.) PETER JACKSON

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Kalau ada sutradara yang mampu memanfaatkan teknologi CGI dengan maksimal, Peter Jackson mungkin ada di peringkat pertama di deretan tersebut. Kalau ada yang masih juga belum nonton, silahkan beli DVD nya dan tonton trilogi The Lord Of The Rings. Jangan lupa sebelumnya nonton dulu trilogi The Hobbit, meskipun rilisnya 1 dekade setelah LoTR, secara timeline The Hobbit terjadi sebelum event The Lord of The Rings dimulai. Peter Jackson juga merupakan salah satu figur sentral bagi genre adventure dan fiction, memenangi 3 Oscar untuk best picture, best director dan best adapted screenplay.

10.) CHRISTOPHER NOLAN

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Last but not least, gw tau pasti bakal banyak yang marah kalo Christopher Nolan gak ada di list tapi terlepas dari itu, Christopher Nolan udah sewajarnya jadi nama yang melengkapi list ini. Termutakhir, film The Dark Knight (2008) menduduki poll twitter dengan hashtag #7favfilms sebagai film paling favorit versi pengguna internet. Kedalaman cerita, inovasi serta minimalisasi penggunaan green screen membuat film-film Nolan terasa sangat "real" bahkan untuk sebuah adaptasi dari komik animasi. Masih berusia 46 tahun, Christopher Nolan merupakan yang termuda di list ini dan "baru" menjabat sebagai director untuk 12 credit film, namun kesemuanya memiliki rating tinggi. Diluar trilogi The Dark Knight, silahkan tonton The Prestige (2006), Insomnia (2002), Memento (2000), Inception (2010) dan Interstellar (2014). Mind = blown!



Demikian lah 10 nama sutradara paling legendaris di Hollywood saat ini. Sekali lagi gw tekankan, kesepuluh nama ini merupakan hasil referensi dan survey yang TS udah lakukan sebelumnya dengan banyak pertimbangan, selain kesuksesan finansial dan kualitas film masing-masing, namun juga reputasi, credibility dan accomplishment lain yang telah masing-masing capai. Semoga menginspirasi dan menambah wawasan!


Sumber referensi penulisan:
-Wikipedia
-Google
-IMBD
-Film-film dari masing-masing nama
-EW
-Interview dari masing-masing nama di Youtube
-screenrant
-zergnet
-rottentomatoes






TAMBAHAN DARI KASKUSER

Quote:

Quote:Original Posted By febritom ?
Om Nolan slah satu sutradara fav ane tuh... Btw dmna mbah Alfred hitchcock the Master of Suspense ?


ALFRED HITCHCOCK

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Quote:Dari semua nama diatas, Alfred Hitchcock mungkin adalah nama diluar list yang hidup di era yang berbeda dengan kita semua disini. Lahir tanggal 13 Agustus 1899, Alfred Hitchcock meninggal di usia 80 tahun pada tanggal 29 April 1980. Pria Inggris ini adalah "The Master of Suspense" sebagai reward atas karya-karyanya yang banyak memakai elemen suspense dan psychological thriller. Teknik pengambilan gambar dengan metode camera movement nya yang mampu menangkap ekspresi ketakutan dan ketegangan aktor-aktornya telah menginspirasi genre thriller hingga saat ini. Rekomendasi film-filmnya diantaranya: Psycho (1960), Vertigo (1958), Rebecca (1940) dan Forreign Correspondent (1940).


Quote:Original Posted By jon.sansiro ?
Masih kurang gan.

Cecil B. DeMille

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Cecil Blount DeMille (12 Agustus 1881-21 Januari 1959) merupakan seorang sutradara berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan Golden Globe. Dia dilahirkan di Ashfield, Massachusetts. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1914 hingga 1956.

Karyanya:

The Squaw Man (1914)
... banyak banget
Samson and Delilah (1949)
The Greatest Show on Earth (1952)
The Ten Commandments (1956)


Quote:Original Posted By Son.ofBeach ?
Stanley Kubrick
Para Sutradara Legendaris Hollywood

Stanley Kubrick (lahir di Bronx, 26 Juli 1928 �meninggal di St Albans, 7 Maret 1999 pada umur 70 tahun) adalah seorang tokoh perfilman asal Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai salah seorang sutradara paling berpengaruh, karena menghasilkan film-film yang berkelas.

list filmnya nih
http://imdb.com/name/nm0000040/filmo...?ref_=m_nmfm_1




Quote:Original Posted By sethrollins ?
Kalau boleh nambah list., menurut saya yg bisa dimasukkan juga ke dalam list..
1. PTA (Peter Thomas Anderson) : Orang ini jenius dalam merangkai premis film yg sederhana menjadi luar biasa., Rekomendasi gua sih nonton film PTA yg judul nya Boogie Night wkwkk my fav tuh
2. David Fincher : Film dia kadang mind blown juga ., disertai twist twist yg menggelengkan kepala ., Seven, Fight Club, Curious Case of Benjamin Button harus agan tonton.,
3. Robert Zemeckis : Kolaborasi dia bersama Tom Hanks di film Forrest Gump wajib di tonton gan
4. Stanley Kubrick : Sutradara paling jenius mungkin.. haha., Otak kita diputar sama kubrick saat menyaksikan rangkaian film nya., kalau otak gak nyampe sih sulit mengerti dah wkwk.., nonton aja A space Oddysey
5.Orson Welles : Nonton dah film Citizen Kane., Pionir film dengan alur mundur nih orang wkwk
6. Frank Darabont : Shawsank Redemption itu loh ., karya doi., film terbaik sepanjang masa sampai sekarang., Trus ad The Green Mile yg bisa dibilang menguras emosi..,

Sekian., itu versi saya ., Thanks wkwk



Quote:Original Posted By kasyfuhawari ?


Spike Lee

Para Sutradara Legendaris Hollywood

Shelton Jackson Lee (lahir 20 Maret 1957), menjadi yang terkenal dengan nama Spike Lee, merupakan seorang aktor, sutradara, produser, dan penulis berkebangsaan Amerika Serikat. Film2nya banyak bertema isu ras, perbedaan warna kulit dan dampaknya terhadap kehidupan sosial, kriminalitas, kemiskinan, dan isu-isu sosial lainnya. Lee telah meraih 2 nominasi Oscar, 1 penghargaan Student Academy Award, dan 1 Academy Honorary Award beserta sejumlah penghargaan lainnya. Lee merupakan sutradara kulit hitam yang paling berpengaruh baik secara inovasi dalam film maupun terhadap isu rasisme yang berkembang di Amerika. Film2 yang terkenal antara lain Do The Right Thing (1989), Malcolm X (1992), 25th Hour (2002), dll.

Film2 Spike Lee : https://en.wikipedia.org/wiki/Spike_...ee_filmography

David Lynch

Para Sutradara Legendaris Hollywood

David Lynch merupakan seorang actor, sutradara, dan penulis berkebangsaan Amerika Serikat. Ia dikenal karena film2nya yang mengandung surrealist (masternya film2 surrealist nih) yang terkadang membuat penonton merasa bingung dengan film2nya. Film2nya yang terkenal antara lain Mulholland Drive, Blue Velvet, Lost Highway, dll.

Film2 David Lynch : https://en.wikipedia.org/wiki/David_...ch_filmography












pantesan banyak film film bagus . nice


pertamax
Quote:Quote:Mampir juga bree ke Trit HTOTP ( Hot Thread Of The Paporit ) :

8 Tipe Inilah Yang Membuat Kita kangen Masa Kecil , agan yang mana ? Jadi kangen masa kecil
6 Lagu Ini Bisa Membuat Kita Cinta dan Belajar Menjaga Alam , Yuuk Play ! Jaga Alam Dari Alay
Tipe Tipe Penyanyi Ternyata Ada 10 Loh ! Agan Termasuk Yang Mana ? Baru Mateng Nih
Pokoknya Jangan Sampai 6 Kebiasaan Ini Punah Dari Negeri Ini !!!Yuk sama sama
Momen Momen Dimana Kasur adalah Tempat Terbaik Untuk Diri Kita Trit Asooy
6 Tipe Inilah Yang Bakalan Kamu Temui Di Pejwan / Page One Thread Masih Anget
Hey Para MABA , Jangan Lakukan 5 Hal ini yaa Jika Mau Kuliah ( ane serius ! ) NEW ( Beserta Tambahan Senior Kaskus )

6 Anime Yang Cocok / Layak Ditonton Oleh Mahasiswa / Orang Dewasa ( Ngabuburit )

11 Tipe Pemain catur Yang Mungkin Hanya Ada Di Indonesia , Agan termasuk yang mana ?

(Penting ) Jangan Lakukan 5 Hal ini saat pra presentasi maupun presentasi dikelas !

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Bertamu ! (POKOKNYA JANGAN )

Dijamin Suka ..... Lagu Lagu Yang Cocok di Waktu Dinihari (siapin kopi bree)

Hal Mudah Tapi Kok Susah bree...
gt ya om
steven spielberg sama james cameroon memang ntap jon
Masak lontong dolo dah
Om Nolan gak ada nih?
Legend karya nya slalu menghibur
ane sukanya bollywood vre
sutradara jav siapa breh yg legend
om spilberg paporit ane btw tim burton ga dimasukin gan? doi kan terkenal sebagai sutradara dengan yg film fantasinya yg berkesan gelap dan gothic kyk film the nightmare before christmas,charlie and the chocolate factory sama alice in wonderland
gaada yg ane kenal breee
Quote:Original Posted By angelandlucifer ?
om spilberg paporit ane


Sama gan. Ane juga idolain dia
Para Sutradara Legendaris Hollywood
kalo pilem biru itu pilem apaan sih om?

Aaaaaaaa
kalo tentang pasra om om sutradara ane kurang tahu gan
Quote:Original Posted By noooooooooooooe ?
Om Nolan gak ada nih?


ada gan tuh
Paul tibbit gak ada brey
Quote:Original Posted By RockJungles ?
kalo tentang pasra om om sutradara ane kurang tahu gan


wah, semoga trit ini ngebantu ya gan
Quote:Original Posted By angelandlucifer ?
om spilberg paporit ane btw tim burton ga dimasukin gan? doi kan terkenal sebagai sutradara dengan yg film fantasinya yg berkesan gelap dan gothic kyk film the nightmare before christmas,charlie and the chocolate factory sama alice in wonderland


kalo list nya dibuat 15 nama pasti ane masukin gan
Quote:Original Posted By wigsat88 ?
kalo list nya dibuat 15 nama pasti ane masukin gan



kalo gitu, ganti judulnya gan
Via: Kaskus.co.id

Para Sutradara Legendaris Hollywood Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar