Selasa, 05 Juli 2016

7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!


7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!
Kaget lagi gua jadi HT

Thank you Kaksus!



Halo Kaskuspreneur, salam sukses!!

Ketemu lagi di thread gua yang berbau Entrepreneurship dan Digital Marketing





Di thread kali ini gua mau sharing tentang tips - tips Instagram untuk meningkatkan followers, bahkan penjualan dalam bisnis lu.

Boleh ya kita mulai sekarang?

Quote:7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!
Quote:
7 Tips Rahasia Berbisnis lewat Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!



Sesuai dengan judul di thread ini, tips Instagram yang akan gua kasih digunakan untuk keperluan berbisnis dan membangun brand, bukan untuk kebutuhan personal.

Quote:Aturan pertama dalam thread kali ini sederhana: (HARAP DIBACA)

1. Lu harus pegang prinsip kalau cara yang gua kasih hanya memperbesar peluang terjadinya penjualan. Gua gak menjamin setelah lu menerapkan tips - tips ini maka lu langsung mendapatkan penjualan.
Sekali lagi, memperbesar peluang terjadinya penjualan.

2. Metode yang gua pakai disini punya tujuan untuk membangun brand.
Artinya kalo lu cuma mau berbisnis dalam jangka waktu pendek dan mengharapkan kesuksesan dalam waktu singkat, silahkan cari tips Instagram lain karena tips gua ini gak cocok buat lu.

3. Gak ada unsur promosi apapun di thread ini. 100% untuk pembelajaran.



Oke gan, gua harap lu dateng ke thread gua yang sederhana ini lagi mengalami hal - hal berikut di Instagram:

Quote:# Jumlah followers kecil dan gak tau gimana cara meningkatkanya?
# Minim leads & aktivitas engagement (like, follow, comment) dari audience?
# Udah upload foto produk, hias, promosi, tapi masih minim penjualan?
# Gak tau strategi yang tepat buat meningkatkan brand image lu di mata audience?
# Atau bahkan gak tau cara berbisnis lewat Instagram?



It�s ok bro gak masalah, pertanyaan selanjutnya menentukan apakah post ini cocok buat lu atau engga:

Quote:# Apakah lu mau mengatasi masalah tersebut?
# Apakah lu mau membangun brand bisnis yang kuat? Produk lu diliat banyak orang? Meningkatkan jumlah following yang tertarget?
# Dan apakah lu mau semakin meningkatkan penjualan cuma dengan Instagram?


Kalo jawaban lu iya ..
Maka selamat membaca dan memahami post ini, karena disini gua mau membantu masalah lu + memberikan strategi pemasaran bisnis lewat Instagram yang tepat, yang banyak orang gak tau


Spoiler for TIPS RAHASIA:

Persiapan profile Instagram

Tips Rahasia #1: Wajib 6-9 Foto Awal

Quote:Sebelum akun Instagram lu berhadapan dan berinteraksi dengan audience, maka hal yang harus lu lakukan adalah mempersiapkan minimal 6 foto yang harus udah di upload duluan.

Ketika keberadaan akun Instagram lu diketahui audience, sedangkan di profile lu belum ada foto apapun, maka kemungkinan besar audience ini sama sekali gak peduli dan langsung beralih dari profile lu.

Simpelnya 6 foto ini untuk membuat first impression audience menjadi penasaran dan tertarik dengan brand lu. Akan lebih baik lagi kalo lu bisa buat menjadi 9 foto.

Maka dari itu buat lah first impression yang menarik audience lu.

Bonus Tips: Pake aplikasi Instagrid, lu bisa bikin �coming soon� yang menarik dan berjumlah 6-9 foto.

Spoiler for Contoh dari akun @bluemuscleunion:
7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!


Tips Rahasia #2: Buatlah Bio yang 'Berguna'

Quote:Bio adalah salah satu hal yang pertama kali orang liat ketika buka profile Instagram lu.

Maka dari itu gunakanlah bio ini untuk sesuatu yang berguna dan menarik perhatian audience.

Berguna artinya lu memberikan informasi tentang brand lu seperti alamat atau kontak.
Sedangkan menarik itu berguna biar orang yang liat semakin percaya dengan bisnis lu.

Buatlah bio yang singkat, menarik, dan hindari kata � kata seperti ini:

�PUSAT JILBAB LENGKAP JAKARTA�
�Supplier Baju Anak Murah Grosir & Eceran Tangan Pertama�


Dari pada buat kata � kata sales gak berguna kaya gitu, lebih baik buatlah tulisan yang lebih bersahabat dan menarik, seperti:

�Temukan seluruh model jilbab yang Bunda inginkan, disini pusatnya.�
�Selamat datang di Toko X, pusat baju anak seluruh Indonesia dengan jaminan harga paling murah. Buktikan sendiri ya bos


Atau kalo lu masih bingung, gua abis nyontek dari sini tentang rumus membuat bio yang menarik followers:
Quote:Siapa lu + Apa keunggulan lu + Buat semenarik mungkin

Ini adalah contoh bio yang singkat dan menarik dari akun @txture
Spoiler for contoh bio menarik:
7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!


Mulai berhadapan dengan audience

Tips Rahasia #3: Cari - Follow - Interaksi - Followback - Unfollow

Quote:Setelah lu selesai mempersiapkan akun Instagram bisnis lu, sekarang saatnya untuk berhadapan dengan audience.

Tahap pertama, lu harus mencari audience lu di Instagram, sesuai dengan buyer persona yang udah ditentuin.
Salah satu cara yang paling gampang untuk mencari audience adalah dengan melihat followers kompetitor.
Followers kompetitor lu = audience lu.

Setelah lu menemukan audience yang cocok, tahap kedua adalah � follow mereka. Gunanya biar mereka tau kehadiran brand lu.

Tahap ketiga, lakukan interaksi dengan audience yang udah lu follow. Love atau berikan komentar di foto mereka.
Komentar tersebut gak boleh bersifat promosi, penawaran atau jualan. Audience lu senang dengan pujian, maka dari itu lu harus puji foto mereka. Tapi jangan sampai berlebihan.
Berikan kesan yang positif kepada brand lu sendiri.

Tahap keempat adalah reaksi dari tahap kedua dan ketiga, mereka akan followback lu.
Semakin tinggi interaksi dengan audience, maka semakin tinggi pula kemungkinan mereka akan melakukan followback.
Perlu diingat, setelah lu melakukan follow+interaksi, bukan berarti 100% dari mereka akan followback lu.
Kita hanya memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan followback dari audience.

Tahap kelima ini bersifat optional alias suka � suka lu enaknya gimana.
Setelah followers lu meningkat, lakukan unfollow untuk memperkecil jumlah following lu.
Dari pada timeline Instagram lu dipenuhi oleh update-an dari audience, lebih baik penuhi timeline dengan akun Instagram kompetitor lu atau akun yang bisa menginspirasi.

Dengan tips #3 ini, maka lu udah meningkatkan sedikit banyak jumlah followers lu.



Tips Rahasia #4: Hindari Spam dan Komentar Sembarangan

Quote:Cara spamming ini masih sangat sering kita jumpai, khususnya di Indonesia.

Kalo gak percaya, silahkan lu buka akun Instagram artis Indonesia yang terkenal seperti Raisa misalnya.

Foto apapun yang dia post pasti jadi korban spamming dan dimanfaatkan untuk ajang promosi segala macam produk.
Spoiler for SPAM:
7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!

Bangunlah brand yang punya etika dengan cara tidak melakukan spamming, khususnya promosi di sembarangan tempat.

Ketika lu melakukan spam artinya lu memberikan kesan yang buruk di mata audience lu + mengganggu kenyamanan orang lain.

Salah satu cara membangun brand yang positif dan berjangka panjang adalah:
Jalinlah hubungan dengan audience lu secara alami, layaknya lu melakukan pertemanan dan persahabatan.



Tips Rahasia #5: Post Konten yang Terlihat Professional, Bikin Audience Naksir.

Quote:Hampir semua brand dan bisnis mau memberikan konten Instagram yang profesional dan mampu menarik perhatian audience.

Maka dari itu, di tips kelima ini gua gak mau memberikan penjelasan kenapa harus buat konten yang profesional, tapi bagaimana caranya membuat konten biar audience semakin cinta dengan brand lu.

Pengambilan Foto yang Berkualitas dan Terlihat Profesional
Jangan rusak profile Instagram lu dengan foto � foto kualitas rendah. Hindari foto yang �pecah� dan nge-blur. Jangan juga lu tanamkan prinsip �asal jepret terus upload� di Instagram.

Atur agar setiap foto yang lu post itu terlihat profesional.
Gak perlu punya skill fotografi yang tinggi, gak perlu punya peralatan fotografi yang mahal.
Kuncinya adalah amati dan tiru bagaimana akun � akun profesional dalam memposting foto.

Perhatikan dan pelajari foto � foto dari akun bisnis profesional seperti @voyej
Spoiler for Pro:
7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!


Berikan Warna yang �Sedarah� dengan Karakter Brand Lu
Ketika lu mau membangun brand image yang kuat dan berkarakter, maka cobalah praktekan hal ini.

Setiap foto yang lu upload harus �sewarna� dengan karakter brand lu. Gunakan filter atau proses editing yang sama dan sejenis.

Contohnya adalah akun @wxglimited
Spoiler for Color scheme:
7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!

Akun Instagram ini menggunakan dominan warna gelap dan jenis foto yang sejenis. Jadi karakter brandnya bisa terpancar dengan kuat.

Pastiin kalo lu juga bisa memberikan warna yang kuat sesuai dengan karakter dari brand lu sendiri.


Buat Tulisan yang Menarik
Di saat lu harus memberikan tulisan atau text di atas foto yang akan lu post, seperti quotes, call-to-action, promosi atau diskon, maka buatlah tulisan yang menarik.

Isi tulisan tersebut juga harus disampaikan secara singkat tapi bisa �menjual�. Artinya sesuai dengan tujuan dari tulisan itu tersebut.
Selain itu, perhatikan juga desain dan tata letak tulisannya. Jangan sampai tulisan itu merusak hasil fotonya.

Dan lu gak perlu skill yang jago untuk menggabungkan foto dengan tulisan. Gunakan aplikasi visual creator seperti Canva.com
Gua sendiri menggunakan aplikasi ini untuk membuat ilustrasi sederhana.



Tips Rahasia #6: Hindari Hard Selling

Quote:Udah sedikit gua bahas di tips sebelumnya.

Baik dalam komentar di foto orang lain, maupun di konten yang lu upload sendiri, perkecil tingkat hard selling di Instagram.

Liat akun � akun Instagram di atas, mereka menggunakan konten marketing yang menarik daripada melakukan hard selling.

Atau kalo lu pernah liat video sponsored nya Coca Cola di Instagram? That�s content marketing!

Tanpa perlu harus dijelasin apa aja keuntungan dan keunggulan produk, cukup dengan visualisasi, mereka dapat menunjukan �ini loh kehebatan produk gua�.

Hasilnya?
Mereka mendapatkan brand image profesional dan kepercayaan audience pun meningkat.

Kalo lu bingung, gunakan cara pemasaran yang menarik seperti akun @sharpie.
Brand ini gak menggunakan hard selling sama sekali, namun mampu membuat gua pengen beli produk mereka meski gua gak bisa gambar.

Spoiler for sharpie:
7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!


Tips Rahasia #7: Post di Waktu yang Tepat

Quote:Percuma dong bro kalo lu udah punya konten yang menarik, tapi lu posting disaat audience lu lagi gak buka Instagram sama sekali.

Pertimbangkanlah waktu posting yang tepat disaat audience lu sedang membuka Instagram.

'Terus kapan waktu post yang terbaik?'

Gak ada jawaban yang pasti gan, banyak faktor yang membedakan.
Tapi sebenarnya gua udah buat infografis tentang waktu post terbaik di social media yang bisa sedikit membantu.

Bisa lu download sendiri di blog gua . (liat sumber artikel dibawah)


Spoiler for Infografis:
7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!






Gimana bro udah cukup puas belum sama 7 tips itu?

Kalo belum cukup gua masih punya 9 tips lainnya yang gak gua taro disini karena pegel bikin thread.




Sumber mata air: Digitalinbro.com




High quality comments
Spoiler for top:
Quote:Original Posted By Semut.Racing?
ane setuju banget nih sama trit agan
ane dulu jualan di instagram susah banget apalagi akun-akun besar beserta komplotannya pasti ngadain paid promote yang borongan. akun newbie kayak ane pasti kelibas (ketutupan)
ane udah coba sih beberapa cara yang menurut ane kurang efektif:

1. beli followers
ane berpikir kesan pertama yang dilihat adalah followernya. ane memustuskan untuk beli followers dan hasilnya nihil. beli followers cuma buat ngeramein doang. tapi target penjualan? gak kesampean

2. spam di ig
jujur ane pernah ngelakuin hal jelek ini. apa yang terjadi? malah kena banned sama instagram. lagian juga cara ini ganggu banget

3. ikutan paid promote
ini sebenernya lumayan sih biar orang-orang tau brand kita. tapi waktu itu ane ikut yang namanya paid keroyok. hasilnya? nambah 1000an followers aja tapi yang beneran beli ya sedikit

4. atur feeds di instagram
akhirnyaaa ane memustuskan cara seperti agan. foto2 ane edit sampai "sedarah" dengan brand ane. bahkan sekarang feeds instagram ane warna pink - ungu gitu dan mulai banyak yg mampir sampai komen "iiii ig ini lucu deh penuh warna pink/ungu"

5. endorse
ane coba endorse ke beberapa orang dan hasilnyaaa? memuaskan. dari semua cara yang ane tempuh kayaknya ini cara yang paling berhasil deh. walaupun harus ngerogoh kocek agak dalam, tapi penjualan terus naik sampe diatas target.


Quote:Original Posted By agustinz ?
nice tips,, pertanyaannya seberapa efektifkah marketing via instagram jika dibandingkan via twitter?

seberapa efektif insta dan twitter? tergantung tujuan SMM itu sendiri gan. Tapi untuk saat ini, Instagram is the king of social engagement.

Quote:Original Posted By rickoelf ?
menurut gue paling ampuh itu endoresement gan
kebanyakan gue tau olshop di IG itu ya dari endorse2 gitu, macem kue kue, accs hape, clothes
nah biar makin jaya dan disukai orang, jangan sampe slow respond atau gak ramah deh.. usahain chat yg kita bales itu disisipi emot senyum atau apalah biar customer seneng...

buat polesan "rumah"nya bener juga tuh kata ts, kasih bio yg menarik dan juga feed yang artistik!



4komeng
Sayang ane gak make IG
reserved boleh dong ya

siapa tau kepake
7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!
belom punya instagram gan
tips rahasia nomor 0
lu harus punya instagram

elu gue,TS nye orang betawi ye
Bisa jadi endorse ya gan
Quote:Original Posted By dhenny54 ?
4komeng
Sayang ane gak make IG


wah cepet banget nih, bukan syuting the flash aja si bos

mungkin bisa dipertimbangkan bos pemasaran lewat ig
beli followers gak termasuk gan?
Nice tips gan, bisa digunakan nih, itu aja dulu...
agan evangelist juga ya
gak main ig
make bot gan, biar cepet
folowers ane bot semua
trit TIDAK BERGUNA,

so?........


Spoiler for bonus:
7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan!
Ane make ig cuma buat stalking doi l
wah iya bener bro itu..ane tau semua itu brandnya dari voyej,txture,bluemuscleunion,dll...nah ane sendiri lagi ngebangun brand cman masi bingung untuk masalah Design,dllnya hehehehe doain lancar ya gan...ig ane make pribadi dimaskp ane ngejual denim
wah ga main instagram.. mungkin bawah ane main
Ane belum punya instagram
ga maenan
LIKE BANYAK DAPET APA ? FOLLOWES BANYAK DAPET APA ? TENAR CUMAN 1-2 BULAN
Via: Kaskus.co.id

7 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Followers. Bahkan Penjualan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar