Senin, 20 Juni 2016

Tips Sukses Ujian Skripsi

Tips Sukses Ujian Skripsi

Quote:FYI:
Spoiler for :
Trit mengenai berbagai tips mengenai ujian skripsi di Kaskus telah ada beberapa. Pada trit ini ane mencoba menuangkan kembali apa yang telah ane alamin sebanyak dua kali yaitu ujian skripsi dan tesis, karena ane melihat beberapa pola yang serupa pada kedua ujian ini. Jadi selamat menikmati.


Quote:Intro:
Bagi agan, ane dan mayoritas mahasiswa pasti akan mengalami yang namanya ujian akhir atau skripsi. Skripsi terkadang menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa, mulai dari judul yang belum juga di acc, proses pembuatan yang makan waktu, tulisan indah dosen pada lembar revisian, hingga pacar...eh...file yang hilang Setelah kita berjuang mati-matian untuk menyelesaikannya, maka kita akan tiba pada tahap terakhir yaitu pengujian skripsi. Mendengarkan kata ujian aja udah bisa bikin senewen, ini di tambah skripsi........klop dah Terbayang agan sendirian di ruangan ujian di serbu dengan berbagai pertanyaan dari dosen yang bisa bikin agan mematung kayak patung lilin di Madame Tusauds. Tetapi dampak-dampak tersebut bisa agan kurangi kok, berikut ini adalah tips-tips yang bisa ane berikan bersumber dari pengalaman sendiri.

Quote:Sebelum ujian:
Setelah mendapatkan acc untuk ujian skripsi, tentu agan akan merasa sedikit lega. Yap sedikit, karena akhirnya pembuatan skripsi yang cukup memeras otak itu akhirnya telah selesai dan berikutnya tahap utama yaitu ujian. Maka yang bisa agan lakukan.....

Spoiler for :


Segera hubungi orang tua agan atas keberhasilan agan dan jangan lupa minta doa restu orang tua agan untuk ujian skripsi agan yang sebentar lagi. Sebagai orang tua yang telah berjasa menyekolahkan agan hingga ke jenjang ini, tidak etis rasanya kalau tidak di beri tahu. Selain untuk meminta doa restu, kabar ini juga akan membahagiakan mereka. Akhirnya anak mereka sebentar lagi akan segera menikah....duh....maksudnya lulus kuliah


Spoiler for :


Segera mengurus berbagai persyaratan untuk ujian. Entah itu untuk mencari dosen yang mau menguji, dokumen-dokumen yang harus dilengkapi sebagai persyaratan ujian skripsi, peminjaman ruangan untuk ujian, peminjaman peralatan-peralatan untuk menunjang ujian atau presentasi agan nanti dan yang paling penting jangan malu untuk bertanya kepada kakak kelas atau teman yang telah ujian skripsi mengenai berbagai hal yang harus diurus sebelum ujian dan juga gambaran sewaktu ujian.


Spoiler for :


Perhatikan dress code. Setiap kampus yang ada di Indonesia ini memiliki berbagai peraturan yang beragam mengenai dress code yang dikenakan sewaktu ujian. Jangan sampai karena salah dress code agan malah di suruh pulang. Ane pernah lihat dengan mata kepala sendiri, untung di suruh pulang buat ngelengkapin dress code doang, gimana kalau malah gak jadi ujian?


Spoiler for :


Persiapkan skripsi agan sebaik mungkin, kalau memungkinkan gunakanlah print warna agar gambar yang ada di skripsi agan terlihat jelas dan yang pastinya bagus dilihat oleh dosen. Jangan lupa persiapkan pula presentasi agan dengan baik, bisa menggunakan program seperti powerpoint, flash, atau prezi. Pilihlah program yang agan anggap nyaman dipakai.
Spoiler for Rule Presentasi:
- Jangan terlalu ramai, baik warna, gambar yang tidak berhubungan dengan skripsi serta animasi
- Biasanya isi presentasi terdiri dari: Judul, Latar Belakang, Rumusan Masalah, Jawaban dari Rumusan Masalah serta kesimpulan.
- Ingat presentasi agan jangan terlalu lama, waktu optimal untuk presentasi itu biasanya hanya 10 – 15 menit.


Spoiler for :


Jangan lupa pelajari skripsi agan dengan seksama, ketahui seluk beluk skripsi agan untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan selama ujian berlangsung. Belajarlah minimal seminggu sebelum ujian berlangsung. Satu hari sebelum ujian sebaiknya agan sudah berhenti untuk belajar dan beristirahatlah, simpan tenaga untuk ujian besok. Kalau masih ingin belajar, cukup baca kesimpulan saja.


Pada saat ujian:

Spoiler for :


Jangan bangun kesiangan gan, bagunlah lebih awal dari biasanya. Bangun lebih awal akan memberikan agan waktu untuk mempersiapkan diri lebih optimal (untuk beribadah atau menyiapkan hal lainnya) dan juga terhindar dari kesiangan. Kan gak lucu kalau dosen udah stand by di ruangan tapi agan malah belum datang


Spoiler for :


Berusahalah untuk tampil tenang walau sulit. Baik itu dengan menarik napas dalam beberapa kali, meminum segelas air, memijat celah antara jempol dan jari telunjuk atau yang paling manjur ajaklah beberapa orang sahabatmu sewaktu ujian atau kekasih tercinta. Serius deh ini bikin tambah semangat.


Spoiler for :


Eye contact atau kontak mata juga perlu dilakukan dengan dosen penguji, baik pada saat presentasi maupun mendengar dan menjawab pertanyaan dari dosen. Kegiatan kontak mata ini menunjukan kesan bahwa agan adalah orang yang PD, siap ujian dan menguasai materi skripsi agan. Tapi jangan sampai melotot juga gan


Spoiler for :


Ketika mendengar pertanyaan atau masukan dari dosen penguji, ada baiknya agan mencatat hal itu. Selain untuk memudahkan agan untuk revisi akhir skripsi, hal ini juga ternyata membuat dosen merasa dihargai pendapatnya (cerita salah satu dosen).


Spoiler for :


Setelah selesai ujian, ucapkanlah terimakasih kepada dosen yang telah menguji, sahabat-sahabat agan yang telah setia menemani agan ujian dan jangan lupa untuk mengabari orang tua agan.


Setelah ujian:

Spoiler for :


Akhirnya ujian skripsi berhasil dilewati, saatnya agan beristirahat sejenak melupakan kepenatan skripsi. Bersenang-senanglah dengan sahabat-sahabat agan, traveling, atau sekedar beristirahat di rumah. Tapi ingat, lakukan ini hanya selama seminggu setelah ujian skripsi gan.


Spoiler for :


Pada minggu kedua setelah ujian skripsi sudah sewajarnya agan mulai melakukan revisi akhir skripsi. Bukalah catatan yang telah dibuat selama ujian, dan mulailah bekerja. Tinggal sedikit lagi gan jangan malas dan terlalu lama revisinya.


Spoiler for :



Setelah ujian skripsi biasanya dosen agak melunak, tapi jangan dijadikan alasan untuk agan serampangan dalam merevisi skripsi agan. Bisa-bisa dosen malah jadi BeTe dan meminta revisi lagi. Kan capek gan kerja dua kali.


Spoiler for :


Persiapkan pula dana untuk mencetak Hard Cover skripsi agan, kalau Cuma sedikit tentu tidak masalah. Tapi kalau yang diperlukan cukup banyak tentu agan harus bisa menyiasati biayanya, jangan di habiskan semua untuk traveling setelah ujian gan.....hehehe.


Spoiler for :


Setelah berbagai tahap di lewati, agan bisa mengulik data mengenai kapan tanggal wisuda, berbagai persyaratan yang diperlukan untuk wisuda.


Quote:Demikianlah gan beberapa tips yang bisa ane sampaikan, semua diatas murni hasil curhatan....bukan.... maksudnya pengalaman pribadi Seandainya ada kesamaan dengan trit-trit lain harap dimaklumi, berarti ane dan TS lain berpikiran sama. Semoga agan terbantu dengan trit ane ini.


Sumber : kaskus.co.id

Tips Sukses Ujian Skripsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar