Senin, 20 Juni 2016

Adam's Apple aka Jakun : Cerita, Fungsi dan Kenapa Pada Pria Lebih Besar

Adam's Apple. Cerita, Fungsi dan Kenapa Pada Pria Lebih Besar.

SEMOGA ANDA TERHIBUR DAN DAPAT MENGINSPIRASI



Quote:Hanya sebuah cerita, jangan di sangkut pautkan dengan hal lain.

Syahdan di taman firdaus hiduplah dua orang kekasih, Adam dan Hawa. Mereka hidup sangat berbahagia diantara pepohonan yang rindang dengan beraneka buah-buahan yang lezat. "Semua buah boleh kalian petik dan makan, kecuali satu ..", sabda Tuhan. "...yaitu buah apel !", titahNya. (disini disebut juga buah khuldi)

Datanglah iblis berwujud ular menggoda Hawa untuk menentang larangan Tuhan itu dan setelah memetik buah apel ini, Hawa pun membujuk Adam untuk memakan buah ini. Baru saja satu gigitan apel di mulut dan akan ditelan oleh Adam, sekonyong-konyong menggelegarlah suara Tuhan dari langit : "Adam...Adam! Apa yang kaulakukan ?" Begitu terperanjatnya Adam karena ketahuan sampai gigitan apel itu nyangkut di kerongkongannya. Dan sejak saat itu pula tonjolan kecil didepan leher para lelaki disebut Adam's apple alias jakun (Bahasa Indonesia).




Nah begitu lah cerita singkat mengenai sebutan tonjolan yang berada di leher pria. Adam's apple alias jakun atau bahasa biologi nya disebut juga Thyroid Cartilage merupakan bagian dari laring (larinx). Laring, atau kotak suara (voicebox), adalah organ pada leher mamalia yang melindungi trakea dan terlibat dalam produksi suara. Fungsi utama laring adalah untuk melindungi saluran pernapasan dibawahnya dengan cara menutup secara cepat pada stimulasi mekanik, sehingga mencegah masuknya benda asing ke dalam saluran napas. Maka nya nih kalau sedang makan di larang mengobrol, ntar kesedak karena laring tidak cepat menutup saluran pernafasan.


Letak Thyroid Cartilage.

Karena laring ini sangat sensitif dari gangguan luar, maka di perlukan perlindungan. Di sini lah fungsi nya Adam's apple alias jakun. Eits jangan langsung menjudge kalo jakun itu cuma punya pria ya, nyata nya wanita juga punya walaupun tidak tumbuh besar. Tapi dalam kasus tertentu wanita juga bisa punya jakun yang besar, jadi jangan takut dulu ketemu wanita jakun kelihatan

Kok Jakun Pria Bisa Lebih Besar?

Ada fase menuju kedewasaan yang di sebut pubertas. Biasa nya di alami pada umur antara 11-15 tahun tergantung individu masing-masing.


Nah ini baru nama nya Apple

Pada masa pubertas, tubuh anak laki-laki mulai memproduksi banyak hormon testosteron, hormon ini kemudian menyebabkan perubahan fisik di beberapa bagian tubuh, seperti bahu yang melebar, tulang wajah tumbuh dan tentu saja juga pertumbuhan pada laring dan pita suara. Saat laring tumbuh, pita suara tumbuh lebih panjang dan tebal. Karena wanita produksi hormon testosteron nya sedikit, maka pertumbuhan nya tidak kelihatan. Maka nya meskipun suara wanita juga berubah, tapi tidak sepanjang dan setebal suara pria (ngebass istilah nya ya).

Seiring dengan tumbuh nya laring, maka jakun juga ikut membesar. Semakin besar jakun, semakin panjang pita suara dan biasanya orang tersebut memiliki suara yang berat. Hal ini karena pita suara yang terletak di rongga yang lebih besar akan memiliki lebih banyak ruang untuk bergetar sehingga bunyi yang dihasilkan lebih rendah. Tapi jika ada yang risih dengan jakun nya yang besar bisa di perkecil loh dengan metode operasi, kalau ada yang mau jadi ehem

Sekian Thread singkat saya. Yang cowok, sudah jakun nya jangan di pegang terus.


Sumber : kaskus.co.id

Adam's Apple aka Jakun : Cerita, Fungsi dan Kenapa Pada Pria Lebih Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar