Minggu, 19 Juni 2016

7 Hal yang Bikin Film Horor Sukses NGAGETIN Agan (fans The Conjuring masuk)

7 Hal yang Bikin Film Horor Sukses NGAGETIN Agan (fans The Conjuring masuk)




Halo agan sista pecinta film horor semuanya. Udah nonton THE CONJURING 2? Yak, nggak bisa dipungkiri kalo film horor besutan sutradara James Wan ini terbilang sukses. Bahkan sampe thread ini dibuat, rating The Conjuring 2 di IMDB masih di atas angka 8. Pencapaian yang bagus tentu saja, mengingat nggak banyak film horror yang bisa dapet rating tinggi di IMDB.

Dari situ, pernah nggak kalian bertanya-tanya, kok film horor kayak Conjuring bisa sukses? Sementara film horor lain yang mungkin bujet produksinya lebih gede malah sepi penonton? Apa karena terlalu banyak cipratan darah? Atau karena terlalu banyak adegan mesum yang disisipkan? Bisa jadi

Tapi thread ini nggak bakal ngebahas soal darah atau adegan mesumnya. Di thread ini, ane mau ngupas bawang, eh, ngupas beberapa hal yang WAJIB ada di film horor agar film horor itu bisa sukses. Karena setelah ane cermatin, film-film horor yang menurut ane memorable itu punya formulasi yang mirip. Ya, salah satunya kayak film Conjuring yang kali ini lagi booming itu (especially, James Wan’s horror movies). Let’s cekibroottt…


* * *
Quote:


Quote:
1. Backsound yang 'Menggemaskan’

Jangan sepelekan tugas kru penata suara/musik di film horor. Kalo agan cermati, kekuatan utama film horror ada di backsound-nya! Backsound di film horror mula-mula lambat, pelan, terkadang hening, kemudian “JEDEERRRRR!!!!”Hantunya tiba-tiba nongol. Rata-rata backsound film horor pake rumus kayak gitu. Backsound yang pelan berfungsi memusatkan perhatian penonton, kemudian, secara periodik tempo backsound dipercepat untuk menaikkan adrenalin dan detak jantung penonton. Dan kemudian “DUAR!”—suara keras diringi penampakan sang hantu menjadi klimak yang ngagetin penonton.

Jadi kalo agan termasuk orang penakut yang penasaran nonton film horor, saran ane, daripada tutup mata, jauh lebih efektif kalo agan TUTUP KUPING! (trust me, kagetnya gak terlalu kok) karena kekuatan utama film horor itu ada di backsoundnya. Dengan nutup kuping, agan tetep bisa ngikutin jalan cerita tanpa harus nutup mata karena takut lihat penampakan. Coba aja deh.
Spoiler for pic:



Quote:
2. Penampakan yang Kreatif
“Ada cewek lagi ngaca. Tahu-tahu hantunya nongol di cerminnya. Pas noleh ke belakang, hantunya nggak ada.” Yaah…basi banget penampakan kayak gitu. Mbok yang kreatif dikit napa. Misalnya di The Conjuring 2. Adegannya sama-sama pake penampakan di cermin. Ceweknya noleh ke belakang, hantunya nggak ada. Ceweknya noleh ke cermin, hantunya ada. Ceweknya noleh ke belakang lagi, hantunya nggak ada. Ceweknya noleh lagi ke cermin…DAARRR!! Hantunya malah ngumpet di cermin itu sendiri!!!

Penampakan hantu yang kreatif/nggak biasa adalah unsur penting yang bikin ketakutan penonton sampai ke ubun-ubun. Cara ini manjur banget buat bikin penonton ngelunjak kaget, sampe meluk/megang tangan penonton di sebelahnya erat-erat (dosanya orang nonton film horor kalo bareng pacar/gebetan ya begitulah) Penampakan yang tak terduga, itu sama dengan plot cerita yang endingnya nggak bisa ditebak. Bukannya penonton paling seneng nonton film yang nggak gampang ditebak?
Spoiler for pic:




Quote:
3. Based on The True Story
Sudah baca thread tentang “Keluarga Tak Kasat Mata”? Nah, coba agan bayangin kalo cerita itu dibikin versi film horornya. Terlepas dari premis ‘percaya nggak percaya’, sebuah film horor yang berdasarkan cerita nyata jauh lebih menarik dan memiliki plot yang lebih kuat (walau nggak murni true story). Apalagi jika cerita hantu itu udah melegenda dan jadi mitos turun temurun di berbagai daerah (misal cerita Terowongan Casablanca, Lawang Sewu, atau Hantu Jeruk Purut). Cara ini memudahkan penonton untuk hanyut dalam cerita misteri yang ada di film horor. Jika sudah begitu, mudah saja membuat penonton berteriak kaget dengan penampakan tiba-tiba, seperti yang udah dijelasin di poin nomor 2.
Spoiler for pic:



Quote:
4. Akting yang BENER-an!
Film horror membutuhkan kualitas akting yang jempolan! Cerita yang nyeremin di film horor nggak bakal ada artinya kalo para pemerannya malah cengengesan dan penuh tipu-tipu! Alasan ini pula yang membuat film Hollywood mendunia adalah kemampuan akting para artisnya yang oke. Tak peduli apapun genre filmnya—bahkan film terkonyol sekalipun—kita tetap akan disuguhi totalitas akting para artisnya!

Coba deh agan perhatiin MATA para aktor/aktris Hollywood kalo lagi maen film. Jika agan cermati, dari MATA-nya aja udah kelihatan akting mereka sebagus apa. Kalo adegan takut ya matanya takut. Kalo adegan seneng ya matanya berbinar-binar. Kalo adegan marah ya matanya marah. Kelihatan bedanya. Apalagi kalo udah dikombinasikan dengan gesture (gerak tubuhnya). Nggak lucu dong, kalo adegan takut, tapi matanya biasa-biasa aja, cuma teriak "AAAA....!!!" doang

Jangan dikira akting buat film horor itu cukup sekedar teriak-teriak kayak orang kesurupan. Kalo di Hollywood akting kayak gitu mah AMPAS! Takutnya harus TOTAL. Mulai dari mata sampe gesture tubuhnya harus persis kayak orang ketakutan lihat hantu betulan!
Maaf buat penggemar horor lokal. Sejujurnya, dalam opini ane, salah satu hal yang membuat horor lokal gampang ilang dari bioskop adalah kualitas akting para artisnya yang mesti perlu ditingkatkan lagi.
Spoiler for pic:



Quote:
5. Latar Biru
Ini cara lama. Jadi kalo agan pernah nonton film horor jadul macam Suzanna ato vampir cina, pasti agan nemuin latar biru (biasanya latar biru muncul pada malam hari disertai suara anjing menggonggong). Ternyata ini ada penjelasan ilmiahnya lho. Jadi warna biru dipilih karena warna biru dapat memberi efek ‘membuat gila’. Warna biru juga memberikan kesan dingin dan tenteram pada penonton untuk kemudian mereka akan dikejutkan dengan penampakan hantu yang tiba-tiba. Hal inilah yang membuat latar biru di film horor cukup efektif untuk meningkatkan ketakutan para penontonnya.
Spoiler for pic:



Quote:
6. Make Up Ultra-Horror
Ini juga cara lama. Semua film horor pasti ngeluarin bujet gede buat para perias hantunya. Penampilan hantu yang serem nggak cuma ngagetin, tapi juga bisa diingat penontonnya, sampe memberi efek traumatik. Ane yakin semua pasti inget mukanya hantu JuOn, kan? Make up doi simpel, tapi nuansa mistisnya dapet banget. Ikonik banget pokoknya. Dewasa ini, hantu berpakaian putih dan berambut panjang udah nggak ada serem-seremnya. Kalo hantunya kayak Wajah Merah di Insidious, si Valak, ato JuON ya lumayanlah seremnya. Kalo horor lokal ane masih pegang make up nya Suzanna.
Spoiler for pic:



Quote:
7. Ending yang Ngegantung
“Hii…ternyata hantunya masih ada!” Nah, ending ngegantung kayak gitu biasanya dipakai agar kesan horor yang tersaji dalam film horor masih terbawa oleh penonton. Cara ini juga dipakai agar film horor itu bisa dibikin sekuelnya (kalo sukses). Nah, ending ngegantung kayak gitu penting, agar nuansa mistis di film masih terbawa oleh penonton sepulangnya dari bioskop. Makanya, jangan heran kalo ada temen ato tetangga kos yang minta ditemenin ke toilet karena barusan nonton The Conjuring 2, misalnya. Boleh jadi bayangan si Valak masih menghantui pikirannya. Siapa tahu di toilet udah ada Valak yang nunggguin. #TrueStory ???
Spoiler for pic:



* * *

Oke, itu tadi 7 Hal yang Bikin Film Horor bisa Sukses. Ane sengaja bikin 7 poin, karena siapa tahu ada kru On The S**t yang nyasar kesini dan bikin thread ini nongol di TV. Terlepas dari semua itu, yang namanya film horor itu relatif ya. Ada yang bilang Conjuring itu nggak serem. Ada yang bilang JuON lebih serem. Ada yang bilang Suzanna yang paling serem. Horor Thailand juga gak kalah serem. Jadi di sini bebas. Ane cuma menyajikan opini ane, dan bukan buat ajang debat lebih srem mana.
Karena selama kalian nyaman dan menikmati filmnya, buat apa didebatin? Keep calm guys.


Sumber : kaskus.co.id

7 Hal yang Bikin Film Horor Sukses NGAGETIN Agan (fans The Conjuring masuk) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar